Pemerintah Kabupaten Rembang

Wabup Ingin Daya Saing Tembakau Meningkat

Wakil Bupati Rembang Mochamad Hanies Cholil Barro ‘ menanam tembakau bersama petani di Desa Kaliombo Kecamatan Sulang, Senin (6/6/2022).

Kegiatan tersebut mengawali kegiatan dialog antara Wakil Bupati dengan para petani tembakau di Kecamatan Sulang. Dalam dialog yang dihadiri juga oleh para Kepala Desa dan PT Sadana Arif Nusa tersebut berlangsung kurang lebih 2 jam.

Wabup Hanies Dalam kesempatan itu menginginkan daya saing komoditas pertanian seperti tembakau meningkat. Bukan tanpa sebab karena Pendapatan Domestik Regional Bruto ( PDRB ) Kabupaten Rembang masih bertumpu pada sektor pertanian / perkebunan yakni 24 persen.

Wabup menuturkan untuk meningkatkan daya saing komoditi tembakau ada sejumlah langkah yang harus ditempuh. Diantaranya memanfaatkan teknologi informasi dan modernisasi alat pertanian.

“Selain adaptasi teknologi, kemudahan akses modal petani juga menjadi pengangkut pengembangan tembakau, ” imbuhnya.

Dikatakan Wabup saat ini mulai banyak anak muda yang tertarik dengan pertanian perkebunan. Hal tersebut tentu menjadi kabar baik untuk beradaptasi dengan teknologi.

Sedangkan terkait anomali cuaca, Wabup menuturkan dengan memanfaatkan teknologi informasi prediksi cuaca akan lebih cepat diketahui. Tentunya para petani bisa melakukan upaya antisipasi cuaca lebih awal.

“Kita bisa lebih cepat memprediksi dan kapan tau kapan hujan kapan panas melalui teknologi informasi. Komunikasi juga harus dilakukan oleh pendamping , PPL dari Dinas pertanian juga bisa memanfaatkan teknologi, ” pungkasnya. (Mif/Rud/Kominfo)

Exit mobile version