Pemerintah Kabupaten Rembang

Wabup Ingin Jajaran Dindukcapil Berkarakter 3 M

Wakil Bupati Rembang Mochammad Hanies Cholil Barro” masih melanjutkan berkunjung ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Rabu (19/1/2022) ini giliran ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil). Dalam kesempatan itu Wabup Hanies Meminta pegawai Dindukcapil memiliki karakter melayani, memandu, dan membantu atau 3M.

“Jangan sampai ada masyarakat yang komplain karena mereka tidak terlayani dengan baik, ” ujarnya.

Gus Wabup mengibaratkan Dindukcapil merupakan ” palang pintu ” pelayanan dasar masyarakat. Mulai urusan data kependudukan, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, kematian, pindah datang, perubahan status kawin/cerai, dan lainnya.

Sebelum apel, Wabup Hanies ternyata melihat web Dindukcapil. Disana Dia melihat ada ribuan wajib KTP yang belum memiliki kartu tersebut.

“Updatenya semester pertama 2021, masih ada 6900 lebih wajib KTP belum memiliki KTP. Nanti saya ingin updatenya seperti apa, ” ujarnya.

Dindukcapil didorong lebih pro aktif mencari tahu dan mengedukasi mereka yang belum memiliki KTP untuk mengurus dokumen yang wajib dimiliki setiap warga yang sudah memenuhi syarat.

Gus Hanies menuturkan Dindukcapil merupakan OPD yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Kekurangan yang ada seperti masalah Sumber Daya Manusia (SDM), tentang data sampai permasalahan infrastruktur dan alat, semua itu tentu harus diupayakan lebih baik lagi.

“Kalau memang kendala di anggaran, segera direncanakan diajukan eksekusi.
Saya percaya di bawah komando Pak Parmin, ada semangat baru di dinas ini. Dan pasti menjadi lebih baik, ” tandasnya.(Mif/Rud)

Exit mobile version