Pemerintah Kabupaten Rembang

Wabup Rembang Kunjungi Desa Purworejo sebagai Kampung Siaga Covid -19.

Wakil Bupati Rembang H.Bayu Andriyanto bersama Kapolres Rembang AKBP Dolly A Primanto dan Dandim 0720 Rembang Letkol Andi Budi Sulistianto meresmikan Desa Purworejo Kecamatan Kaliori sebagai Kampung Siaga Covid-19, Sabtu (6/6/2020).

Wabup bersama Kapolres dan Dandim mengecek langsung kondisi di desa tersebut. Mulai tersedianya tempat cuci tangan di setiap rumah , penerapan protokol kesehatan di warung, pengkondisian jamaah di masjid desa sampai dengan pelaksanaan karantina bagi pelaku perjalanan di rumah karantina yang ada di desa tersebut.

Kampung siaga covid-19 sangat penting dalam menyiapkan masyarakat menghadapi tatanan hidup baru atau new normal. Penerapan protokol kesehatan tentang pemutusan penyebaran virus corona ataupun pola hidup sehat harus benar- benar dilaksanakan masyarakat dalam aktivitas sehari- hari.

Wakil Bupati dalam kesempatan juga menyampaikan bahwa terkait new normal Pemkab Rembang meminta masukan dari masing- masing Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Pemkab tidak bisa langsung begitu saja melaksanakan new normal, karena ada sejumlah persyaratan.

“Beberapa hari ini juga kita diskusikan, InsyaAllah akan ada surat edaran dari Bupati, terkait sekolah madrasah atau yang diniyah ini baru dirumuskan, InsyaAllah sebentar lagi keluar, ” ujarnya.

Terkait pendidikan formal, Wabup menuturkan masih menunggu petunjuk dari Kementrian pendidikan. Penerapan new normal, daerah tidak bisa berjalan sendiri- sendiri.

“Semuanya harus terstruktur, tidak bisa semua berjalan , kita harus siap new normal, itu juga harus ada persetujuan juga dari provinsi. Hari ini yang sudah berjalan di Jawa Tengah baru di Tegal, ” jelasnya.

Sementara itu Kapolres menyebutkan ada 33 kampung siaga covid-19 di Kabupaten Rembang. Harapannya semakin banyak desa yang menjadi kampung siaga corona ini.

Exit mobile version