Pemerintah Kabupaten Rembang

Yuk Siapkan Inovasimu, Pendaftaran Krenova Telah dibuka

Pemkab Rembang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kembali menggelar Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova). Setelah pada tahun 2020 lalu, kegiatan ini dihentikan karena pandemi Covid-19.

Kepala Sub Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda, Nur Salam Wahib mengatakan untuk Pengumpulan persyaratan  administrasi peserta dan proposal  KRENOVA dilaksanakan selama 1 bulan.

“Untuk Krenova sampai hari ini, karena baru memulai hari ini sampai tanggal 31 Oktober 2021. Jadi, kalau hari ini, belum ada yang masuk,” imbuhnya.

Nur Salam menyebutkan materi Krenova mencakup hasil kreativitas dan inovasi yang dilakukan oleh individu, kelompok dan masyarakat Kabupaten Rembang di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Kedua bidang itu meliputi aspek Pertanian, Energi, Kesehatan, obat-obatan dan kosmetik, Kelautan dan perikanan, Lingkungan hidup, Pendidikan, Rekayasa Teknologi dan manufaktur dan Kerajinan dan industri rumah tangga.

Nur Salam menerangkan kriteria/kategori peserta Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat Kabupaten Rembang Tahun 2021 dibagi 3 kategori meliputi masyarakat, pelajar dan penjaringan inovasi.

“Pertama kategori Umum/masyarakat Kabupaten Rembang, kedua Pelajar SMA, SMK, MA, dan Mahasiswa dan ketiga Penjaringan Inovasi,” tambahnya.

Ia menyebut kriteria hasil karya Lomba KRENOVA Kabupaten Rembang Tahun 2021 meliputi hasil kreativitas dan inovasi perorangan atau kelompok yang telah diterapkan, Produk Krenova aman dan ramah lingkungan, Mudah diadopsi dan diterapkan oleh masyarakat, Teknologinya dapat diaplikasikan dalam skala rumah tangga dan lingkungan. Selanjutnya bahan baku yang digunakan berbasis lokal dan ramah lingkungan dan Mendapat rekomendasi dari sekolah untuk kategori Pelajar, perguruan tinggi untuk kategori Mahasiswa dan dari Kepala Desa untuk kategori Masyarakat Umum.

Selain itu kriteria Krenova lainnya Skala investasi dan manajemen terjangkau oleh masyarakat, Mempunyai manfaat yang berkelanjutan,Keberlangsungan/Komersialisasi.(Mif/Rud)

Exit mobile version