Pemerintah Kabupaten Rembang

Ziarah Hari Jadi Rembang, Kemajuan Tak Hanya Karena Etos Kerja Semata

Kabupaten Rembang akan berusia 278 tahun tepat tanggal 27 Juli mendatang. Berbagai kegiatan telah disiapkan untuk menyemarakan. Nah sebagai kegiatan pertama, Sejumlah jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Aparatur Sipil Negara (ASN) melakukan ziarah ke makam tokoh – tokoh yang telah berjasa atas Kabupaten Rembang, Selasa (16/7/2019)

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz didampingi Sekda Subakti dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berziarah ke makam Bupati Lasem Tejokusumo I sekitar tahun 1585 dan makam Sayyid Abdurrahman Basayaiban atau yang dikenal Mbah Sambu yang merupakan tokoh yang menyebarkan agama Islam dimasa pemerintahan Bupati Lasem Tejokusumo I di komplek Masjid Jami’ Lasem. Mereka mengirimkan doa dan tabur bunga.

Seusai berziarah, Bupati mengatakan ziarah ini merupakan agenda rutin yang dilakukan dalam menyambut hari jadi Kabupaten Rembang. Ini dianggap penting karena Rembang bisa seperti ini bukan semata- mata karena etos kerja, tetapi juga pengaruh dari keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt.

“Dengan keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah Swt maka kita mendapat poin untuk kemajuan kabupaten Rembang. Disamping kita juga mengharap berkahnya para wali untuk Rembang agar maju, aman, tertib dan semua orang beriman, “ ungkapnya.

Seusai berziarah orang nomor satu di Rembang itu menyempatkan diri untuk berbincang dan minum jahe bersama dengan Takmir Masjid Jami’ Lasem di pendapa Teja Kusuma yang berada di sebelah barat Masjid yang saat ini dalam proses penyelesaian.

Selain makam Mbah Sambu, ziarah juga dilakukan di makam Pangeran Sedo Laut komplek Masjid Agung Rembang, Makam Sunan Bonang, makam RA Kartini dan suaminya K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, Taman Makam Pahlawan Giri Bhakti Rembang.

Exit mobile version