Pemerintah Kabupaten Rembang

26 Sekolah Raih Penghargaan dari Mendikbud

26 Sekolah di Kabupaten Rembang meraih penghargaan IIUN (Indeks Integritas Ujian Nasional) atas penyelenggaraan Ujian Nasional tahun 2015 lalu. Ke-26 sekolah tersebut mendapat nilai diatas 80% bahkan SMPN 2 Rembang mendapat nilai diatas 90% sehingga menerima penghargaan langsung di Jakarta.

            Wakil Bupati Rembang Bayu Andriyanto seusai Penyerahan Secara Simbolis Sertifikat Penghargaan IIUN (Indeks Integritas Ujian Nasional Tinggi) diaula dinas pendidikan senin (28/3) merasa bangga bahwa 26  sekolah di Kabupaten Rembang mampu meraih penghargaan dari Mendikbud RI. Prestasi kejujuran yang luar biasa ini harus terus ditingkatkan. Kalau kini IIUN (Indeks Integritas Ujian Nasional) diperoleh 26 sekolah, tahun besok harus lebih banyak lagi. Ini merupakan prestasi gemilang yang harus dicontoh sekolah lainnya.

            Menurut Wabup dengan diterimanya Penghargaan IIUN membuktikan bahwa sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Rembang jujur dan hebat. Sekolah yang sukses merebut penghargaan IIUN (Indeks Integritas Ujian Nasional) tinggi patut mendapatkan perhatian khusus dari SKPD terkait, agar sekolah tersebut lebih bergairah meningkatkan kebolehannya di masa mendatang, sekaligus memotivasi sekolah lain untuk merebut prestasi serupa. Karena kita menyadari mempertahankan prestasi itu tidak gampang. Begitu juga dengan sekolah lainnya, diharapkan ikut mengejar pretasi serupa di tahun berikutnya.

            Oleh karena itu, Wabup mengingatkan kepada sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Rembang untuk terus menanamkan dan  menumbuh kembangkan integritas, kejujuran budi pekerti terhadap siswa. Wabup tidak ingin generasi di Rembang terbawa arus budaya barat yang terkadang tidak sesuai dengan norma dan etika masyarakat Rembang.

            Wabup menambahkan pembinaaan karakter kepada anak didik perlu ditanamkan sejak dini, agar mereka mempunyai karakter yang kuat, salah satunya adalah kejujuran dalam melaksanakan apapun, itulah pondasi utama Sekolah. Selain itu, prestasi belajar itu juga penting, namun integritas dan kejujuran merupakan hal yang mutlak, kedua hal tersebut harus ditumbuh kembangkan dalam lingkungan pendidikan di Kabupaten Rembang.

“Saya berharap, penghargaan yang kita peroleh harus kita jadikan sebagai motivasi kepada setiap sekolah agar terus menumbuhkembangkan dan meningkatkan integritas di seluruh lingkungan Sekolah, terus mendorong orang tua untuk peduli terhadap kejujuran dan integritas putra-putrinya, serta menularkan budaya berintegritas di masyarakat luas,” harap Wabup.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang Drs Noor Effendi mengatakan penilaian IIUN 2015 berasal dari Kementerian. Dengan rincian dua sekolah penyelengara UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yakni SMKN1 Rembang dan SMK Umar Fatah, 19 SMP/MTs dan lima SMA/MA/SMK

Exit mobile version