Pemerintah Kabupaten Rembang

Angin Puting Beliung, Satu Rumah dan Warung Makan Rusak Berat

Angin puting beliung yang menerjang wilayah desa Bonang Kecamatan Lasem, Kamis sore (12/1/2017). Akibatnya satu rumah, satu warung makan rusak berat, dua rumah rusak sedang dan 20 rumah lainnya rusak ringan, beruntung tidak ada korban jiwa.

Kepala Pelaksana BPBD Rembang Suharso mengatakan tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Ia menambahkan tercatat  dua rumah dinyatakan roboh, sementara sisanya hanya mengalami kerusakan pada bagian genteng yang diterbangkan angin.

Ia menambahkan, BPBD dibantu pihak Kecamatan setempat dan para relawan seperti Banser, KRI, Ubaloka, serta TNI-Polri, sejak Jumat,(13/1/2017) pagi membantu warga membersihkan puing-puing, dan membantu warga memperbaiki kerusakan. “Kami bersama dengan para relawan membantu warga untuk melakukan perbaikan para korban puting beliung. Al hamdulillah tak ada korban jiwa dalam musibah ini,”tuturnya.

Sementara itu Kepala Desa Bonang Saiful Sodijin mengungkapkan kejadian terjadi begitu cepat, dan langsung menyapu genteng-genteng rumah warga. Musibah tersebut terjadi  menjelang  waktu shalat Magrib.

Warung makan yang mengalami rusak berat teridentifikasi milik Aminah dengan kerugian ditaksir Rp 15 juta. Sedangkan rumah Fatimah teras depan dan dapur roboh,ditaksir kerugian Rp.10 juta. Total kerugian keseluruhan akibat bencana puting beliung 24 KK sebesar Rp.38 juta.

Hingga saat ini BPBD bersama PMI sudah mengumpulkan bantuan korban bencana bagi warga yang tertimpa bencana. Bagi warga yang rumahnya rusak berat atau roboh akan mendapatkan bantuan sebesar Rp.10 juta, sedangkan ringan Rp.1 juta. Untuk bantuan tanggap darurat BPBD menyalurkan bantuan berupa sembako seperti beras, kecap, saos, Aqua, teh, gula, minyak goreng dan family kit.

 

 

Exit mobile version