Pemerintah Kabupaten Rembang

Barbagai Komunitas Bersatu Aksi Sapta Pesona Pantai Balongan

Berbagai komunitas bergabung untuk membersihkan pantai Balongan desa Balong Mulyo kecamatan Kragan dari sampah,Minggu (15/1/2017). Di dalam kegiatan sosial yang diprakarsai oleh Ikatan Mas Mbak Rembang (IMMR) dan Ikatan Putra Putri Maritim Rembang (IPPMR) itu ratusan anak muda menyisir ke seluruh wilayah pantai untuk memungut sampah plastik hingga puntung rokok yang berserakan.

Salah satu panitia,Romi Adi kegiatan itu merupakan aksi sapta pesona dari program kerja IMMR dan IPPMR. Kegiatan serupa juga telah dilaksanakan sebelumnya di pantai Benowo Wates, pantai Caruban, dan pantai Karangjahe.

“Di pantai Balongan ini kita coba mengajak komunitas lain untuk bergabung melalui media sosial. Alhamdulillah respon dari komunitas ini luar biasa.”

Romi menambahkan tujuan lain dari kegiatan ini juga untuk mengenalkan destinasi wisata di kabupaten Rembang. Selain itu juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam hal sadar wisata,karena menurutnya Balongan berpotensi dikembangkan seperti Karangjahe.

Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) kabupaten Rembang,Winaryu Kutsiyah yang juga hadir mengapresiasi baksos lingkungan yang dilakukan berbagai komunitas tersebut. Ternyata banyak anak muda memiliki kepedulian lingkungan yang tinggi.

“Promosi wisata bisa dilakukan oleh siapa saja,tidak hanya dari pemkab. Seperti tadi belum apa-apa mereka sudah promosi, setelah bersih -bersih juga berfoto selfie dan nanti diupload di medsos,”tuturnya

Sementara itu,Ketua Karangtaruna Tukul Raharjo desa setempat,Ali Nasikin mewakili warga sangat berterima kasih atas inisiatif para komunitas untuk peduli terhadap pantai yang ditumbuhi ratusan pohon cemara dan kelapa itu. Mereka termotivasi dengan apa yang dilakukan oleh komunitas yang notabene orang luar desa yang sangat peduli dengan perkembangan pantai Balongan.

Tercatat puluhan komunitas ikut berpartisipasi dalam aksi sapta pesona tersebut. Mulai dari Ikatan Mas Mbak Rembang ( IMMR ),Ikatan Putra Putri Maritim Rembang ( IPPMR ),Pecinta Alam Kab Rembang ( PAKAR ),Yamaha Auto Club ( YAC )Kragan , Yamaha Vixion Club Indonesia ( YVC – I ) Rembang dan Madiun Jawa Timur,Kopites Rembang ( Liverpool Fans ), My Trip My Adventur Rembang,Club Pecinta Alam ( CPA ) SMA Sumber, Info Seputar Rembang ( ISR ),Forum Anak Desa Pangkalan ( FADLAN ), Forum Anak Rembang ( FAR ),Forum Anak Desa Mager Sari ( FAD ), Aksi Para Pecinta Lingkungan Kragan, Back paker Rembang, Hammocking Rembang, Karang Taruna Kragan, KNPI Rembang, Komunitas Rembang Bergerak, Arsenal Rembang, Forum Komunikasi Penyuluh Kehutanan Swadaya  Masyarakat (FK PKSM ) Rembang, DPD IPKINDO ( Ikatan Penyuluh Kehutanan Indonesia ) Rembang, Pasukan Scorpio Kudus dan Tuban, Putra Putri Maritim Indonesia,Putra Putri Maritim Jateng, Garda Plawangan, Pastaka Staika Ál – Kamal, Kompas SMK Sedan,PAPG Ganendra,Sabha Bawana.

 

Exit mobile version