Pemerintah Kabupaten Rembang

Beri Pelatihan Komputer Kepada Perangkat Desa

Dinas Kearsipan dan Perpustakan Kabupaten Rembang mengadakan pelatihan komputer gratis bagi perangkat desa ataupun Sekretaris Desa dikantor SKPD tersebut. Mereka mulai belajar tentang dasar-dasar komputer hingga nantinya belajar tentang Sistem Informasi Desa (SID).

Kasi Layanan Pembinaan dan Pengembangan Perpustakaan Bidang Perpustakaan, Yazid Aris Khoiron,ST mengatakan hari ini sudah memasuki gelombang ketiga. Gelombang pertama dan kedua dilaksanakan bulan November dan Desember 2016.

Mereka yang belajar hari ini merupakan Sekdes dari wilayah kecamatan Rembang. Setelah kecamatan Rembang, desa di kecamatan Sulang juga memberikan  sinyal positif untuk ikut pelatihan.

“Di tahun ini kami memiliki anggaran untuk berbagai pelatihan total 40 jenis pelatihan. Kita manfaatkan untuk memberdayakan masyarakat.”

Tahun ini pihaknya juga akan mereplikasi kegiatan itu di empat desa. Diantaranya di desa Meteseh kecamatan Kaliori, desa Dasun kecamatan Lasem, Sanetan Sluke dan Trembes kecamatan Gunem.

Aris menuturkan Perputakaan saat tidak hanya sebagai tempat orang membaca buku saja. Perpustakaan dewasa ini menjadi pusat kegiatan masyarakat.

“Untuk kegiatan ini kita ingin mendidik aparat desa agar mahir menggunakan komputer. Di akhir pertemuan akan dilatih tentang sistem informasi desa yang bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika,”ungkapnya.

Terkait pelaksanaan seminggu lima kali,hari Senin sampai Jum’at selama satu bulan. Peserta mendapatkan materi microsoft word,exel dan power point,membuat email, blogging,medsos dan disain grafis dan SID. 

Dalam pelatihan tersebut pihaknya menggunakan tenaga staf  Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sendiri, Muhammad Lutfi Yulian Azar untuk dasar-dasar komputer. Kemudian materi lainnya bekerja sama dengan swasta atau kalangan praktisi.

 

Exit mobile version