Pemerintah Kabupaten Rembang

Buka Job Fair, Bupati Berharap Target Bisa Tercapai

Bupati Rembang H. Abdul Hafidz secara resmi membuka kegiatan Job Fair yang digagas Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) kabupaten Rembang di Balai Kartini Rembang,Kamis (22/9). Dalam bursa kerja tersebut ribuan orang mendaftar di 33 perusahaan yang membuka stand.

Dalam sambutannya Bupati mengatakan pemkab Rembang sedang berupaya menekan angka kemiskinan. Salah satunya dengan mengurangi angka pengangguran.

Untuk itu,Bupati berharap masyarakat bisa memanfaatkan job fair tersebut. Para pelamar diharapkan mendaftar sesuai dengan lowongan yang cocok dengan karakter ataupun kemampuan yang dimiliki.

Di tahun 2014 Pemerintah Kabupaten Rembang bekerjasama dengan Plan dan Magistra Utama juga menyelenggarakan job fair dan pelatihan bagi calon tenaga kerja yang berlangsung selama satu tahun. Dalam Job Fair 2014 itu ada sekira 700 peserta. Kemudian ditahun 2015 jumlah pesertanya meningkat 100% hingga mencapai 1400 peserta dan untuk tahun ini diharapkan bisa mencapai 2000 peserta.

Untuk tahun 2017 Pemkab Rembang merencanakan perekrutan tenaga kerja untuk umur 24 – 30 tahun. Terkait konsepnya sudah disiapkan, hal tersebut dimaksudkan agar benar-benar mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Rembang.

Kepala Dinsosnakertrans Rembang, Drs. H. Waluyo menuturkan tujuan dari job fair ini diantaranya untuk mempertemukan antara pencari kerja dengan pemakai tenaga kerja. Dengan demikian akan mengurangi kesenjangan antara angkatan kerja dengan jumlah lapangan yang tersedia.

“Harapannya ada pemerataan kesempatan kerja dan menurunkan angka pengangguran di Rembang. Mereka tidak usah jauh jauh untuk memasukan lamaran kerja dan bisa memilih mana yang diinginkan dan sesuai ketrampilan dan jenjang kerja,”ujarnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Rembang, tahun 2015 jumlah penduduk sebanyak 621.134 jiwa. Untuk jumlah angkatan kerja 320.584 jiwa (77,97 persen) sedangkan pengangguran terbukanya sejumlah 14.474 jiwa (4,51 persen).

Sedangkan Kepala Dinas Tenaga Kerja  Transmigrasi dan Kependudukan  Provinsi Jawa Tengah, Wika Bintang yang berkesempatan hadir mengapreasiasi diselenggarakannya jobfair. Harapannya kegiatan memfasilitasi masyarakat dalam mencari kerja bisa sesering mungkin dilakukan pemkab.

“Misalnya setiap bulan,perusahaan –  perusahaan yang ingin mencari tenaga kerja bisa difasilitasi di kantor Dinsosnakertrans Rembang,”pungkasnya.
   

Exit mobile version