Pemerintah Kabupaten Rembang

Bupati: Linmas Miliki Peran Penting Dalam Mendukung Aparat Wujudkan Ketertiban dan Keamanan

Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Rembang menggelar tasyakuran atas keberhasilan menjadi juara 2 dalam lomba Defille tingkat Jawa tengah di aula Rumah Dinas Wakil Bupati Rembang, Kamis (12/5). Prestasi tersebut turun satu peringkat dari tahun 2015 yang sukses menjadi juara I.

Meskipun tidak menjadi juara 2, Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz sangat mengapresiasi usaha dari rekan-rekan Satlinmas. Hal yang terpenting menurutnya adalah bagaimana Satlinmas menjalan tugas pokok dan fungsinya.

Linmas memiliki peran yang sangat strategis dan penting di desa hingga kabupaten. Linmas punya andil besar untuk ketertiban mulai tingkat RT sampai kabupaten, sehingga diharapkan bisa bersinergi dengan aparat keamanan.

“Maka harus sinergi dengan aparat keamanan. Paling tidak Linmas berperan aktif dalam memberi informasi kepada mereka. Jika sinergi tentang ketertiban dari tingkat RT maka kegiatan-kegiatan yang mengganggu pasti akan terdeteksi.”ujarnya

Dalam kesempatan itu, Bupati mengungkapkan belum lama ini mendapat pengarahan dari Panglima TNI dan Kapolri saat rapat di Kementrian Dalam Negeri bahwa Bupati punya kewajiban dan tanggung jawab untuk mengkoordinasikan ketertiban dan keamanan mulai dari tingkat desa.

Terkait hal itu Bupati juga diminta Panglima TNI dan Kapolri untuk melapor jika ada anggota dari jajaran TNI maupun Polri yang tidak bisa bersinergi dalam hal menciptakan kondusifitas di daerahnya. Untuk itu Linmas juga bisa memberikan laporan jika ada indikasi seperti itu.

“Maka jika ada TNI,Polri,Kapolres maupun Dandim ada bermain-main, bupati silahkan laporkan ke Panglima TNI dan Kapolri. Saya ajak kalo sekiranya ada yang tidak bisa sinergi silahkan lapor Linmas ke Kesbangpolinmas nanti kita teruskan ke panglima TNI atau Kapolri. Bukan kita mengadu domba tetapi kita ingin semua saling bersinergi.”tuturnya

Sementara itu, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa, Politik, dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kabupaten Rembang, Kartono menuturkan kriteria penilaian lomba Defille daam rangk HUT Satlinmas ke-54 keutuhan pasukan, ketertiban, kerapian dan juga ketegasan. Kegagalan Satlinmas Rembang memang peserta dari Kota Semarang tampil sangat bagus.

Dalam lomba defille tanggal 27 April 2016 lalu, Juara Pertama diraih Satlinmas Kota Semarang dengan nilai 927,7. Sementara Satlinmas Rembang yang meraih juara ke-2 mengumpulkan nilai 909,9 dan juara tiga tuan rumah Sukoharjo meraih Juara Tiga dengan nilai 882,8.

Exit mobile version