Pemerintah Kabupaten Rembang

Bupati Rembang Lounching Puskesmas Sarang II

Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz meresmikan Puskesmas Sarang II yang berada di desa Kalipang, Kamis (15/4) malam. Lounching Puskesmas yang juga dihadiri KH. Maemoen Zubaer itu menjawab kebutuhan pelayanan kesehatan di Kecamatan yang berpenduduk lebih 70 ribu jiwa.

Puskesmas Sarang II sesuai standarisasi dari kementrian kesehatan satu puskesmas melayani tidak kurang dari 30 ribu warga. Sehingga sudah tepat Pemkab membangun satu puskesmas lagi di kecamatan paling timur Rembang itu.

Pembangunan Puskesmas yang dekat dengan kantor kecamatan Sarang itu menghabiskan 5,2 milyar untuk pembangunan fisik. Dan Pemkab telah menganggarkan Rp. 1,9 milyar untuk pengadaan sarana dan pra sarananya.

Terkait kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di puskesmas yang baru dilounching ini, sebenarnya Dinas Kesehatan mengalami kesulitan. Adanya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 48 tahun 2005, membuat pihaknya mendayagunakan staf-staf puskesmas yang ada di seluruh wilayah kabupaten Rembang untuk berpindah tugas di Puskesmas Sarang II.

“Adanya PP nomor 48 tahun 2005 yang intinya Gubernur,  Bupati tidak boleh mengangkat pegawai dalam bentuk apapun, sehingga menyulitkan kami dalam pengadaan SDM di Puskesmas yang baru ini. Sehingga kami mendayagunakan staf-staf puskesmas di seluruh kabupaten Rembang.”ujarnya

Fasilitas yang dimiliki Puskesmas persis dipinggir pantai ini meliputi pelayanan persalinan, UGD, rawat jalan, rawat inap dengan 12 ranjang dan dilengkapi ruang laboratorium. Selain itu ada fasilitas kamar mayat karena banyaknya kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di jalur pantura khususnya wilayah perbatasan timur.

Puskesmas ini akan melayani warga di sepuluh desa. Diantaranya desa Kalipang, Dadapmulyo, Sumbermulyo,Gonggang,Gunungmulyo,Nglojo,Jambangan, Pelang, Gilis, dan Lodan Kulon

Sementara itu Bupati Rembang, Abdul Hafidz meminta jajaran Puskesmas Sarang II memperkuat organisasi dalam, khususnya dalam memberikan pelayanan terhadap pasien. Jajaran puskesmas harus selalu melayani pasien dengan wajah yang berseri-seri.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyampaikan kepada masyarakat Sarang bahwa Pemkab selain membangun Puskesmas Sarang II juga akan membangun beberapa insfrastruktur di Sarang. Diantaranya renovasi puskesmas Sarang I juga akan dengan kucuran dana sebesar Rp.3,9 milyar, pasar Sarang dibangun dengan anggaran 9,5milyar, TPI Sarang juga akan dibangun dengan biaya 5milyar, jalan kesambi ke TPI 3,9 milyar.

Sunarto warga desa Gunungmulyo menyambut gembira keberadaan Puskesmas yang baru ini. Pasalnya sering dijumpai saat musim penyakit datang, Puskesmas Sarang I tidak mampu menampung banyak pasien.

“Iya saat musim wabah seperti DBD datang sering pasien di rawat diluar kamar atau bilik. Ya bahasanya emperan.”tandasnya

Exit mobile version