Pemerintah Kabupaten Rembang

Hari Jadi Rembang, Pesta Lontong Tuyuhan 10 Ribu Peserta

Pada Peringatan Hari Jadi Ke-275 Kabupaten Rembang tanggal 27 Juli 2016, akan digelar  Pentas Seni Budaya dan Pesta Rakyat dengan Kuliner Lontong Tuyuhan 10 ribu peserta. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan  di Alon-alon Rembang usai Upacara Peringatan Hari Jadi Ke-275 Kabupaten Rembang dengan pembina Upacara Bupati Rembang H Abdul Hafidz. Demikian disampaikan Plt Kepala Dinas  Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) Kabupaten Rembang Suyono SH. “ Setelah Upacara dengan Pembina Upacara  Bupati Rembang Bapak H Abdul Hafidz bersama dengan masyarakat, dilanjutkan dengan pentas seni budaya, kemudian Pesta Rakyat  Kuliner   10.000 porsi  lontong tuyuhan  ” katanya.

Dijelaskan Suyono SH, Pentas seni budaya akan menampilkan seni budaya tradisional khas Rembang diantaranya  tari orek-orek, pathol sarang, pencak silat, barongan, barongsai, dan tong-tong klek. Sedangkan Pesta Rakyat dengan Kuliner Lontong Tuyuhan tersebut akan diikuti Aparat Pemerintah Kabupaten Rembang  dan masyarakat.

Upacara diikuti oleh semua SKPD se Kabupaten Rembang, Kepala Desa se Kabupaten Rembang, instansi vertikal, masyarakat dan Bupati tetangga. Peserta upacara kecuali TNI, Polri, Dinhubkominfo, Satpol PP, dan Linmas semua memakai pakaian beskap jawa dan tata acara upacara diikuti menggunakan bahasa jawa.  “ Peringatan Hari Jadi Kabupaten Rembang tahun ini merupakan tonggak pelaksanaan untuk mempromosikan potensi  seni budaya, dan  kuliner di Kabupaten Rembang untuk mendukng daya tarik wisata kabupaten Rembang”,

Suyono SH menambahkan, tema Hari Jadi ke-75 Kabupaten Rembang dan HUT ke-71 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu “ Melalui  Peringatan Hari Jadi ke-75 Kabupaten Rembang dan HUT ke-71 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Mari Kita Bersatu Padu Dalam Membangun Rembang Menuju Rembang Madani dan Sejahtera”.

Sementara itu Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Rembang Johan Nur Wicaksono  S Sos menambahkan, tujuan diadakannya Peringatan Hari Jadi ke-275 Kabupaten Rembang yaitu agar masyarakat mengetahui dan memahami sejarah Kabupaten Rembang yang ke-275, dan menambah kecintaan masyarakat terhadap Kabupaten Rembang dalam rangka pengembangan di semua sektor yang ada di Kabupaten Rembang baik terhadap kualitas pembangunan sumber daya manusia (SDM)  maupun sumber daya alam (SDA).      “ Peringatan Hari Jadi Kabupaten Rembang tahun ini merupakan tonggak pelaksanaan untuk mempromosikan potensi kuliner di Kabupaten Rembang,” jelasnya.

Exit mobile version