Pemerintah Kabupaten Rembang

Ingin Membuat Binangun Seperti Bali

Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Kabupaten Rembang tahun ini bakal berupaya mewujudkan kasawasan Binangun layaknya kota bali 2. Ini sudah menjadi keinginan pemerintah sejak lama, potensi wisata bahari disinkronkan dengan paket wisata religi petilasan Sunan Bonang.

Hal tersebut diungkapkan Kabid Pariwisata Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan olahraga Kabupaten Rembang, Murni Nur Rofiiah. Untuk mengembangkan paket wisata tersebut pemkab telah melakukan pendekatan dengan pemerintah pusat.

”Pengembangan pariwisata di Binangun cukup mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat. Pengembangan wisata di Binangun Lasem menjadi prioritas karena merupakan pintu masuk antara jawa tengah dan Jawa timur,”tuturnya

Menurutnya kawasan Binangun juga memilki keunikan tersendiri, yakni memiliki pantai dan pegunungan. Tentunya ini menjadi keunikan tersendiri dan belum tentu semua kabupaten memiliki dua potensi alam yang menakjubkan tersebut.

”Untuk itulah akan kita bangun ruang promosi dan pariwisata. Jadi industry kuliner maupun souvenir bisa dipamerkan disana. Lebih-lebih lokasi ini begitu starategis dilewati berbagai wisatawan yang akan menuju Bai melalui jalur darat maupun orang yang menuju Jakarta.

Lebih lanjut Murni menuturkan untuk mengembangkan potensi wisata Binangun tidak bisa hanya mengandalkan anggaran dari pusat. Pihak investor turut di undang sehingga bisa berjalan secara maksimal.

Rencananya lahan kosong milik pemerintah yang sering dimanfaatkan masyarakat untuk menikmati sunset dan sun rise akan dibangun gazebo dan bangunan yang bisa dimanfaatkan untuk menjual souvenir dan wisata kuliner dengan luas lahan sekira 4 hektare. Rencananya kawasan binangun tersebut juga akan dibangun kereta gantung dan masjid apung.

”Jadi pemerintah akan segera memberikan fasiltas penunjang wisatawan dengan rest area. Selain melengkapi seperti MCK dan fasilitas pelayanan penunjang lainya, seperti ruang sholat, istirahat, makan dan kuliner. Alokasi dana sekira Rp 2,5 Milyar”ungkapnya.

Jika wisata Binangun sudah ditata dengan baik. Dia yakin wisatawan dan pengendara yang melintas di jalan pantura Rembang akan tertarik untuk mampir ke witasa bahari Binangun.(Mifta)

Exit mobile version