Pemerintah Kabupaten Rembang

Kesadaran Pelunasan PBB-P2 Masih Rendah, Bupati Dorong Peran Camat dan Kades

Pemerintah Kabupaten Rembang terus berupaya untuk meningkatkan pendapatan di sektor Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2). Pasalnya capaian hasil penerimaan PBB-P2 hingga tahun 2015 dinilai masih belum memuaskan.

Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz saat pekan panutan pembayaran PBB-P2 Kabupaten Rembang tahun 2016 di pendopo Museum RA.Kartini, Rabu (6/4) mengutarakan keprihatinannya terhadap capaian PBB-P2. Dari 294 desa kelurahan baru 194 desa yang lunas pajak PBB-P2 tahun 2015, dari 14 kecamatan baru enam kecamatan, masing-masing Pamotan, Pancur, Sale, Gunem, Sumber dan Sluke.

Untuk itu Bupati meminta semua pihak bisa mengoreksi diri. Dari sisi wajib pajak, Bupati menilai masyarakat masih belum sadar betapa pentingnya membayar pajak untuk pembangunan. Mereka harus memenuhi kewajibannya sebagai warga negara selain menuntut haknya.

“Mari kita mengoreksi diri kita masing-masing. Apakah saya pantas kalau saya minta sementra saya tidak melunasi pajak.”ujarnya

Bupati juga menghimbau kepada Kepala Desa dan Camat sebagai ujung tombak untuk terus mensosialisasikan kepada masyarakat, bahwa PBB-P2 merupakan kewajiban sebagai warga negara. Yang belum lunas harus tetap ditagih agar Rembang mendapat penilaian dari BPK Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Salah satu yang membuat Pemkab Rembang selalu mendapat opini dari BPK Wajar Dengan Pengecualian adalah pelunasan pajak. Jika urusan pajak selesai maka dia yakin Rembang bisa WTP.

Sementara itu, Pj Sekda Rembang, Ir.Hari Susanto,M.Si mengungkapkan sebenarnya kesadaran masyarakat untuk membayar pajak semakin baik dalam dua tahun terakhir. Untuk menggenjot penerimaan pajak disektor ini di tahun 2016, Pemkab Rembang akan melakukan  pendataan obyek khusus berupa menara telekomunikasi dan pendataan massal di Rembang.

“Kami juga akan menaikkan kelas NJOP pajak tanah dengan obyektif. Sedangkan terkait peningkatan pelayanan, pemkab meningkatkan kerjasama dengan mitra Bank Jateng guna meningkatkan pelayanan pembayaran PBBP2.”

Selain memberikan hadiah kepada kecamatan yang lunas PBB-P2, Bupati juga memberikan hadiah kepada Pj Kepala desa Dadapmulyo kecamatan Sarang, Aryanto yang sudah lunas PBB-P2 untuk tahun 2016 ini. Dalam waktu 16 hari desa tersebut mampu melunasi PBB-P2.

Exit mobile version