Pemerintah Kabupaten Rembang

Menata Pantai Balongmulyo Sebagai Wisata Bahari

Ikatan Penyuluh Kehutanan Indonesia (IPKINDO) menggelar penanaman 1.000 bibit pohon cemara laut di desa Balongmulyo Kragan, Kamis (31/3).

Kegiatan mengikutsertakan 150 orang meliputi ; DPP IPKINDO Rembang, Pemdes masyarakat dan Pemuda Karang Taruna, SMK Kehutanan Sedan, Koramil, Balai Penyuluh Kecamatan (BPK).

Ketua DPP IPKINDO Rembang Sumanto mengatakan jenis tanaman cemara laut cocok untuk penghijaun ditepi pantai. Menurutnya tanaman ini kuat dan pertumbuhannya cepat  dan rindang bahkan jika sudah dewasa menghadirkan hawa sejuk.

“Selama ini kita berfikir pohon ditanam setelah itu ditebang kedepan kita memprogramkan bagaimana tanaman yang tumbuh subur ditepi pantai ini menjadi kawasan wisata pantai yang potensial,” kata Sumanto disela-sala aktivitas penanaman pohon cemara dipantai Balongmulyo-Kragan.

Program pendampingan dibeberapa desa telah dilakukan antara lain; Pasar Banggi, Punjul Harjo, Tritunggal, Tasik Harjo, Tunggul Sari, Tegalmulyo dan Balungmulyo. Dalam melaksanakan program pendampingan Sumanto mengaku mengikutsertakan peran pemdes setempat agar program berhasil.

“Ada tiga tempat pendampingan program rintisan antara lain; Argowisata di Desa Ceriwik Lasem, Wisata Pantai di Desa Balungmulyo Kragan, dan Argo Eko Wisata di Desa Sudo Sulang ketiga tempat itu sebagai pilot projek bagi pengembangan sector wisata alam ke depannya di kabupaten Rembang,” ujarnya

Kepala Dinas Kehutanan Ir Dwi Purwanto MM mengapresiasi penaman yang dimotori IPKINDO dia menyambut baik dan mendukung untuk menata pantai Balongmulyo selangkah lebih baik menggingat potensi yang ada cukup luar biasa tidak kalah dengan karang jahe di punjolharjo.

“Apalagi dalam penanaman kali ini melibatkan masyarakat sekitar untuk menata pantai menjadi kawasan bahari yang dimungkinkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Terkait rencana Pemkab Rembang  yang akan mengoptimalkan potensi disektor wisata tentunya kami akan mendukung dan menyambut baik program ini sesuai tugas pokok dan fungsi,” jelasnya. 

Exit mobile version