Pemerintah Kabupaten Rembang

Pedagang Daging dan PKK Diberikan Sosialisasi Produk Hewan Aman Konsumsi

Para penjual daging dan Tim Penggerak PKK diberikan pemahaman produk hewan yang aman, sehat, utuh dan halal (ASUH) di aula kantor Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Rembang, Jum’at (19/3). Kegiatan tersebut digagas oleh Dinas Pertanian dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah yang bekerjasama dengan Dintanhut Rembang.

Kepala Dinas  Pertanian dan Kesehatan Hewan Jateng, Agus Wariyanto mengungkapkan dalam rangka mencerdaskan bangsa konsumsi protein hewani yang terkandung di dalam produk hewan. Telur, daging dan susu mengandung asam amino esensial yang penting untuk kecerdasan.

“Salah satu tujuan kegiatan ini agar kita bisa memilih produk hewani yang aman, sehat dan utuh tidak tercampur dengan daging yang lain. Yang halal tentu mengandung pada ketentraman batin.”terangnya

Didalam sosialisasi ini peserta juga diberikan pengetahuan  bagaimana membedakan antara daging kambing, sapi dan ayam. Selain itu bagaimana membedakan daging segar dan daging yang mati kemarin (tiren).

Begitu juga bagi para pedagang daging diharapkan bisa menjual produk produk yang ASUH. Karena hak pembeli untuk mendapatkan produk berkualitas juga dilindungi oleh undang undang perlindungan konsumen.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dintanhut) Kabupaten Rembang, Suratmin menilai sosialisasi tersebut sangat bermanfaat sekali. Selain pedagang, Dinas juga mengundng  Tim Penggerak PKK agar selanjutnya bisa mensosialisasikan produk hewan ASUH ke desa-desa.

“Kedepan kita ingin produk-produk Rembang termasuk ternak ini berkualitas.Hal ini juga bisa mendukung program program Pemkab, seperti kuliner sehingga bisa mendukung potensi pariwisata.”tuturnya

Ketua TP PKK Kabupaten Rembang, Hasiroh Hafidz berkomitmen akan ikut mensosialisasikan bagaimana memilih produk hewan yang ASUH ke ibu-ibu di pertemuan rutin. Apalagi ibu-ibu memiliki peran penting dalam menentukan apa yang akan dikonsumsi oleh keluarga.

Exit mobile version