Pemerintah Kabupaten Rembang

Pemberdayaan Perempuan Fokus PKK Kedepan

Pemberdayaan Perempuan Fokus PKK Kedepan Pemberdayaan perempuan menjadi fokus kerja dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Rembang ke depan. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Rembang, Hj. Hasiroh Hafidz seusai memperingati Hari Kesatuan Gerak PKK ke 43 di Pendopo Museum RA. Kartini Rembang, Kamis (26/3/2015).

Hasiroh mengungkapkan Presiden Jokowi memang mengamanatkan kepada PKK agar mengambil peran dalam upaya peningkatan kesejahteraan perempuan. Salah satunya adalah mewujudkan kemandirian perempuan.

“Dalam program kerja Presiden Jokowi itu kita dipusatkan untuk kesejahteraan perempuannya. Jadi semua kegiatan besok terarah untuk pemberdayaan wanitanya.”tambahnya

Salah satu hambatan yang diperkirakan dihadapi PKK dalam pemberdayaan perempuan adalah mindset dan ilmu ibu-ibu yang ada di desa. Mereka jelas berbeda dengan ibu-ibu yang ada di Provinsi, ketergantungan terhadap suami masih melekat.

Namun Ia yakin dengan semangat dan kekompakan para kader di Rembang hambatan tersebut bisa teratasi. Pihaknya optimis bisa membantu pemerintah dalam menjadikan masyaraat maju, mandiri dan sejahtera.

“Salah satu upaya untuk mewujudkan kemandirian perempuan ini misalnya kita mengadakan pelatihan tentang pemilahan sampah organik dan non organik. Sampah organik bisa dimanfaatkan untuk pupuk tanaman dan sampah non organik diubah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomi seperti membuat tas, tempat tisu.”tuturnya Dari pelatihan penambahan skill seperti itu diharapkan ibu-ibu bisa menambah penghasilan bagi keluarga. Muaranya adalah kemandirian perempuan dan kesejahteraan perempuan.

Sementara itu Plt. Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz mengakui betapa besar kontribusi dan dedikasi ibu-ibu PKK dalam membantu pemerintah mensukseskan pembangunan. Tidak ada gaji, tapi semangat kerjanya luar biasa. Banyak program pemerintah yang memang tujuannya untuk mensejahterakan keluarga dan masyarakat. banyak kesempatan-kesempatan yang bisa diambil dan dimanfaatkan oleh PKK.

“Untuk itu, PKK harus terlibat dalam pembangunan dan bisa mengikuti program-program yang dibuat oleh pemerintah. Saya juga meminta peran aktif PKK sebagai fasilitator, perencana, pelaksana dan sekaligus penggerak pembangunan.”tandasnya

Dalam peringatan HKG PKK ke 43, TP PKK Kabupaten Rembang juga menyerahkan penghargaan kepada kader yang telah lama mengabdikan diri di organisasi wanita ini. Seperti Hj. Erna Hamzah, Endang P Supraja, Sri Utaminingtias Subiyanto, Marlina Handayani dan Ibu Tini.

Exit mobile version