Pemerintah Kabupaten Rembang

Pemerintah Dukung Koperasi Di Perdesaan

Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:”Table Normal”; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:””; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin:0cm; mso-para-margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:”Calibri”,”sans-serif”; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:”Times New Roman”; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:”Times New Roman”; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

Pemerintah terus mendukung berdirinya koperasi, khususnya bagi koperasi yang berlokasi di pedesaan, karena untuk mengembangkan usaha agribisnis skala kecil perlu dibentuk koperasi. Tanpa koperasi, tidak mungkin agribisnis kecil dapat berkembang.

Hal tersebut dikatakan Bupati Rembang, H. Abdul Hafidz saat menjadi Inspektur upacara Hari Koperasi ke 69 di halaman Kantor Koperasi Bhina Raharja, Kamis (14/7). Dalam upacara tersebut dihadiri jajaran berbagai koperasi yang ada di kabupaten Rembang.

“Pemerintah juga memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat di perdesaan maupun perkotaan, untuk mengembangkan koperasi diantaranya melalui fasilitasi permodalan, pelatihan teknis dan manajemen,”ujarnya

Perkembangan koperasi di Rembang terus mengalami peningkatan dari segi jumlah. Bupati menyebutkan dari 467 tahun 2015 dengan jumlah UMKM 33.900 menjadi 570 pada tahun 2016, dengan jumlah UMKM 43.013. 

Dengan semakin meningkatnya pertumbuhan koperasi ini, menunjukkan bahwa gerakan koperasi telah dapat memberikan kontribusi yang baik bagi perekonomian di Kabupaten Rembang.

Ia menambahkan pemerintah juga melakukan berbagai upaya agar pertumbuhan secara kuantitatif disertai dengan pertumbuhan secara kualitatif dan berkualitas. Karena penguasaan Business Plan yang baik, manajemen pengelolaan yang profesional, memperkuat kelembagaan dan organisasi koperasi, sangat penting demi terciptanya koperasi yang handal dan dapat menjadi penopang perekonomian rakyat Indonesia, terlebih dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Melalui peringatan hari Koperasi ini Bupati berharap mampu menggugah semangat dan meningkatkan pemahaman akan pentingnya bersatu dalam wadah koperasi. Salah satunya dengan terus meningkatkan sinergitas dan kerjasama antar koperasi atau koperasi dengan Badan Usaha lainnya melalui SKPD Terkait.

“Bentuknya dengan memberi dukungan dan fasilitasi baik dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia, kelembagaan dan usaha, serta kemudahan koperasi dalam mengakses perijinan maupun permodalan melalui pelayanan yang cepat, mudah, dan murah.

Seusai upacara Hari koperasi ke 69 itu, Bupati dan Wakil Bupati Rembang, Bayu Andriyanto  meresmikan gedung baru KSP Bhina Raharja Rembang di jalan Rembang-Blora persis di sebelah selatan kantor KSP Bhina Raharja yang lama. Dengan peremian gedung baru, pihak Bhina Raharja ingin memberikan layanan terbaik bagi nasabah.

Dalam kegiatan tersebut Bupati juga menyerahkan piala kepada para pemenang lomba Hari Koperasi. Diantaranya lomba tiga sehat yang meliputi administrasi, usaha, kelembagaan antar gerakan koperasi, lomba tenis meja dan lomba catur.

 

Exit mobile version