Pemerintah Kabupaten Rembang

Pemkab Bersama Petani dan TNI Kendalikan Serangan Hama

 

Pemkab Rembang melalui Dinas Pertanian dan Pangan saat ini berupaya memberantas hama tanaman padi di beberapa kecamatan. Upaya itu sebagai langkah responsif atas ditemukannya hama wereng maupun penggerek batang di lahan sawah yang ada di beberapa kecamatan.

Penyuluh pertanian kabupaten Rembang bersama petani dan TNI di kecamatan Bulu dan Pamotan hari ini berupaya melakukan pemberantasan hama wereng coklat. Akhir-akhir ini tanaman padi petani di serang hama tersebut,sehingga harus segera dikendalikan.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan,Ir. Suratmin mengatakan pestisida diambil dari Brigade Proteksi Tanaman di Pati. Sebanyak ratusan liter pestisida disiapkan untuk mengatasi gangguan hama wereng ini.

“Gangguan hama ini di Pamotan ada,Kragan ada dan di Pancur ini yang paling banyak sekitar 600an hektar. Jika masih tingkat awal,gangguan hama wereng maupun penggerek batang masih bisa diatasi. Ada temuan langsung kita kendalikan,”pungkasnya.

Dari pantauan di lapangan oleh penyuluh dan kelompok tani, di temukan Wereng Batang Coklat rata-rata  dua ekor per 4 rumpun. Pengendalian dilakukan secara cepat karena penyebaran wereng ini terhitung cepat.

Exit mobile version