Pemerintah Kabupaten Rembang

Pemkab Rembang Komitmen Tangani Kerusakan Jalan

Pemerintah Kabupaten Rembang berkomitmen untuk menangani kerusakan jalan yang ada di Kabupaten Rembang termasuk ruas jalan Pandangan – gandri – Sidorejo.

Sekretaris Daerah Kabupaten Rembang H. Hamzah Fatoni SH MKn didampingi Kabid Bina Marga DPU Rembang Ir Raharjo mengatakan tahun 2014 ini anggaran untuk perbaikan jalan di Kabupaten Rembang mencapai Rp 60 miliar lebih.

“Ruas jalan yang menjadi tanggung jawab Dinas Pekerjaan Umum Rembang mencapai 642,9 Km dengan kondisi baik mencapai 285,7 Km atau 44,44%, sedang 160,1 Km atau 24,9%, rusak ringan 97,2 Km atau 15,1% dan rusak berat 99,8 Km atau 15,5%,” kata Sekda.

Dengan banyaknya ruas jalan rusak yang ditangani serta keterbatasan fiskal yang ada Sekda meminta kepada masyarakat untuk bersabar karena perbaikan akan dilaksanakan secara bertahap dan tahun 2015 anggaran peningkatan dan pemeliharaan jalan akan ditambah.

Keterlambatan dalam pelaksanaan proyek pengerjaan peningkatan dan pemeliharaan jalan, bukanlah hal kesengajaan tapi dikarenakan Pemkab Rembang mematuhi prosedur yang telah ditetapkan. Sebagai contoh Pemkab Rembang tidak bisa mengeluarkan Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) karena berdasarkan Permen PU no 08/PRT/M/2011 yang diaplikasikan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN) bahwa Sertifikat Badan Usaha (SBU), SKA dan SKT hanya bisa digunakan sampai 30 Maret 2014. Oleh karena itu saat ini beberapa kontraktor masih menunggu konversi SBU/SKA/SKT dari LPJKN, lanjut Sekda.

“Pemkab juga menggandeng Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk melakukan probity audit dalam pengadaan barang dan jasa, baik proses pengadaan, pelaksanaan dan pemeliharaan,” ujar Sekda.

Saat ini beberapa paket pengerjaan perbaikan di Kabupaten Rembang telah memasuki tahap pelaksanaan seperti pemeliharaan jalan Sulang – Sumber – Kaliori yang meliputi pemeliharaan jalan Sulang – Krikilan, Jalan Tambakagung – Meteseh, Jalan Dresi Kulon – Tambakagung, Jalan Landoh – Sekararum, JalanBanyudono – Karangsekar, Peningkatan jalan lumba-lumba dan peningkatan dan rehab jalan dan jembatan kecamatan Sarang, Pamotan, Gunem dan Sale yang meliputi Nglojo – Karangasem, jalan Japerejo – Banyuurip, Sumbermulyo – Ngandang – Suntri dan Jalan Bonjor – Tawangrejo .

“Sedangkan untuk peningkatan dan rehab jalan dan jembatan kecamatan Kragan dan Sedan yang meliputi pemeliharaan jalan Sendangwaru – Kendalagung, Jalan Kragan – Sedan, Jalan Woro – Sumbersari serta peningkatan jalan pandangan – Gandri – Sidorejo sudah memasuki tahap evaluasi dan jika tidak ada sanggahan akhir bulan ini sudah bisa dimulai tahap pelaksanaan,” tandas Sekda. (Bagian Humas Setda Rembang)

Exit mobile version