Pemerintah Kabupaten Rembang

Pemuda Harus Berwirausaha

Asisten Deputi (Asdep) Kewirausahaan Pemuda Kemenpora, Ponijan mendorong para pemuda untuk menyadari pentingnya berwirausaha. Hal itu disampaikan olehnya ketika berkunjung ke kampus STIE YPPI Rembang, Rabu (30/3).

Ponijan mengatakan salah satu solusi untuk mengatasi pengangguran yang didominasi kalangan usia muda, yakni dengan memberikan pemahaman akan pentingnya kewirausahaan sejak dini, terutama kepada para mahasiswa dan santri.

“Sekarang perlu kita ketahui bahwa pengangguran banyak terjadi di kalangan anak muda, terutama usia terdidik. Maka satu-satunya jalan, pemuda dituntut untuk memahami tentang pentingnya wirausaha,” katanya.

Nah, wirausaha yang dimaksud, lanjut dia, dimulai dari penyadaran terlebih dahulu. Kalau sudah sadar baru diberdayakan dengan rewards dan pelatihan-pelatihan. Kemudian, dikembangkan secara bersama.

“Jadi, semua pihak harus terlibat. Karena, ini untuk membuat iklim kewirausahaan,” tandas Ponijan yang mewakili Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nachrowi.

Dijelaskan olehnya, setelah iklim kewirausahaan di suatu daerah telah berjalan. Maka akan bermunculan wirausaha baru. Wirausaha baru itulah yang nantinya akan mengalami proses pembentukan karakter. Sehingga dikemudian hari akan tertanam nilai-nilai diri, seperti dapat dipercaya dan bertanggung jawab.

“Pengusaha yang top tidak terlepas dari kemampuan managerial. Karena sudah mempunyai kemampuan untuk mengatur pikiran, mengatur waktu, dan lainnya. Sehingga tumbuh jiwa leadership dalam diri. Nah, jiwa leadership inilah yang merupakan ending atau akhir dari proses pembentukan diri,” tandasnya.

Exit mobile version