Pemerintah Kabupaten Rembang

Pendaftaran Stan Rembang Expo 2016 Dibuka

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Rembang mulai membuka pendaftaran Rembang Expo 2016 hari Senin (25/4/2016). Rembang Expo 2016 yang akan digelar di Balai Kartini,  pada 28 Mei hingga 4 Juni 2016 ini menyediakan 150 stan gratis.

Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Perindagkop dan UMKM Rembang Sugiyanto mengatakan jumlah stand yang digratiskan memang berkurang dari tahun lalu. Tahun 2015 panitia menggratiskan 170 stnd.

Sugiyanto menjelaskan, pengurangan jumlah stan gratis lantaran kapasitas per stan pada tahun lalu dianggap terlalu sempit. Stan yang berukuran 2×2 meter ternyata banyak mendapat keluhan.

“Keluhan dari para peserta Rembang Expo tahun lalu, kita akomodir. Sekarang ukuran stannya lebih besar, 3×3 meter, jadi konsekuensinya, jumah stand gratis berkurang.” ujarnya.

Menurutnya, dengan ukuran stan lebih besar maka produk yang ditampilkan akan lebih maksimal. Berbeda dengan stan sempit yang serba terbatas.

Lebih lanjut Ia menuturkan setiap usaha mikro yang bermodal di bawah Rp,50 juta dan sedang tumbuh usahanya, boleh mendaftar untuk difasilitasi stan gratis di Rembang Expo.

“Nanti panitia akan menyeleksi. Intinya usaha mikro yang diambil hanya 150. Kalau ada yang mendaftar tidak sesuai kriteria, misalnya modalnya di atas Rp50 juta, akan kita arahkan ke stan umum,” tandasnya.

Hingga sekitar pukul 10.00 WIB, jumlah yang mendaftar sebagai peserta Rembang Expo, sudah 20-an orang, dilihat dari jumlah lembar pendaftaran yang dikembalikan.

“Di antara yang mendaftar ada usaha konfeksi, elektronik, sepatu, dan usaha mikro. Saya belum bisa merinci jenis usahanya. Pendaftaran dibuka sampai 4 Mei mendatang,” tegasnya.

Sugiyanto mengingatkan, pendaftaran bisa ditutup lebih cepat dari jadwal yang ditentukan. Semua tergantung seberapa cepat stan yang disediakan habis.

“Tahun ini kami menyediakan total 238 stan, dimana 150 stan di antaranya diperuntukkan untuk usaha mikro yang difasilitasi oleh Pemkab Rembang dengan anggaran total Rp200 juta,” tandasnya.

Exit mobile version