Pemerintah Kabupaten Rembang

Penyuluh Dilatih Secara Khusus Tangani Permasalahan Petani

Para penyuluh pertanian Kabupaten Rembang mendapatkan pembekalan Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) ketindan di aula kantor penyuluh pertanian Pamotan, Jum’at (25/3). Tujuannya untuk mempertajam kemampuan mereka dalam memetakan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi petani.

Saptini Mukti Rahajeng, Trainer dari Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) ketindan, Malang di bawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementrian Pertanian mengatakan kegiatan tersebut juga dalam rangka mendukung peningkatan produksi padi, jagung, dan kedelai (Pajale) ditambah komoditas unggulan lain seperti cabe dan tebu.

“Pelatihan ini digelar selama seminggu dan sudah dimulai kemarin, mereka akan dilatih bagaimana mengidentifikasi masalah yang dialami petani binaan mereka, merumuskan solusi hingga evaluasi. Permasalahan bisa saja mulai dari persiapan lahan, pembenihan hingga pemasaran setelah mereka panen.”jelasnya

Koordinator penyuluh se Kabupaten Rembang, Sugiyono menambahkan pembekalan tersebut sangat berguna untuk mengetahui permasalahan petani. Sehingga petani bisa difasilitasi atau diberikan perhatian khusus.

“Kami yakin dengan adanya penanganan khusus seperti apa yang akan dilakukan para penyuluh ke depan. Segala permasalahan yang sering dihadapi petani lama-lama akan teratasi dan diharapkan produksi pajale dan komoditas unggulan lainnya bisa meningkat.”tandasnya

Exit mobile version