Pemerintah Kabupaten Rembang

Peringati Hari Kartini ke 137, GOW Ziarah ke Makam RA Kartini

Dalam rangka memperingati hari Kartini ke 137, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) provinsi Jawa Tengah dan GOW kabupaten Rembang berziarah ke makam RA Kartini di desa Bulu Kecamatan Bulu, Senin (12/4). Selain itu, rombongan juga menggelar bhakti sosial dan mengunjungi museum RA.Kartini.

Ketua Dewan Penasehat GOW Jawa Tengah, Siti Atikoh Pranowo yang diwakili Ketua Bhayangkari Pengurus Daerah Jawa tengah, Iriani Noer Ali mengatakan kegiatan ziarah dan bhakti sosial bertujuan mengenang perjuangan RA Kartini dalam mewujudkan persamaan hak antara laki-laki dan perempuan. Sementara kegitan bhakti sosial diharapkan mampu menggelorakan semangat gotong royong dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga.

Menurutnya ada dua hal keteladanan dari sosok RA Kartini yang dapat ditiru oleh kaum perempuan dimasa sekarang. Yang pertama sebagai perempuan Indonesia harus mampu mempertahankan tradisi dan fungsi sebagai ibu sekaligus istri yang bijak dalam mengasuh dan membina keluarga.

“Kedua sebagai perempuan berdedikasi hendaknya memiliki wawasan yag luas dan gagasan yang cemerlang dalam memajukan pendidikan. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kesetiakawaan nasional.”imbuhnya

Kecerdasan dalam mensinergikan kedua hal tersebut dinilai akan membuka peluang yang lebih luas bagi kaum perempuan untuk berkarya, namun tidak lupa peran utamanya sebagai ibu rumah tangga sebagai pengasuh dan pendidik genersi penerus bangsa.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Rembang, Hj. Hasiroh Hafidz menambahkan cara yang paling tepat untuk memperingati Hari Kartini dengan membekali diri dengan cita- cita besar RA Kartini.  Dengan semangatnya yang tak kenal lelah dalam memperjuangkan kemajuan dan kesejahteraan untuk kaum wanita harus dicontoh perempuan dimasa ini untuk menwujudkan cita-citanya.

“Dengan ketajaman penanya RA Kartini menampilkan diri sebagai sosok perempuan yang penuh cita cita, matang daam pandangan dan gigih dalam berjuang. Beliau pelopor pembangkit kaum perempuan dari kebodohan.”terangnya

Tema peringatan Hari Kartini ke 137 ini adalah semangat kartini kita tingkatkan kualitas keluarga melalui generasi sehat ekonomi kuat dan perempuan bermartabat. Tema tersebut sejalan dengan apa yang diperjuangkan Kartini, yang tidak hanya memperjuangkan pendidikan perempuan tetapi menyeluruh meliputi eksistensi perempuan yakni hak dan kewajiban dengan laki-laki.

Exit mobile version