Pemerintah Kabupaten Rembang

PMI Lampaui Target Pengumpulan Dana

Palang Merah Indonesia Cabang Rembang tahun ini melampaui target pengumpulan dana yang telah dicanangkan. Ketua Panitia Bulan Dana PMI Kabupaten Rembang sekaligus Ketua Pengadilan Negeri Rembang Albertus Usada SH, MH mengungkapkan capaian bulan dana PMI Tahun 2014 meningkat 102,07% atau Rp 382.751.000,- dari Rp 375.000.000,- yang ditargetkan.

Albertus Usada mengatakan ada beberapa kendala/hambatan dalam pengumpulan dana seperti beberapa perusahaan dan perbankan belum bisa memberikan konstribusi dalam kegiatan bulan dana PMI. Kurang mengoptimalkan pengurus PMI Kecamatan, banyak data sasaran bulan dana yang tidak valid dan banyak penggalangan dana dari luar daerah.

Namun demikian ada pula beberapa perusahaan yang tidak masuk list justru memberikan donasi yang nilainya sangat besar seperti PT Bumi Rejo Tirta Kencana (BRTK) memberikan donasi Rp 25 juta.

Sementara itu Ketua PMI Cabang Rembang yang juga menjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Rembang H. Hamzah Fatoni SH MKn memastikan tidak ada unsur gratifikasi dan penyalahgunaan wewenang dalam pengumpulan dana PMI.

Sekda memberikan apresiasinya kepada ketua PN selaku ketua panitia bulan dana PMI karena menurutnya menggugah kesadaran dan memasuki wilayah nurani atau moral dalam menggalang dana bukan hal yang gampang.

Sedangkan hasil pengumpulan bulan dana PMI nantinya 10% masuk kas PMI Provinsi, 90% masuk kas PMI yang digunakan untuk mendanai kegiatan PMI.

Saat ini menurut Sekda, PMI sudah memiliki mobil ambulance dan mobil operasional berasal dari hibah APBD.

Untuk renovasi gedung unit donor darah (UDD) PMI akan menggunakan dana kas UDD dan meminjam dana dari pihak ketiga karena PMI tidak boleh mendapat dana hibah dua kali. Diperkirakan renovasi gedung UDD menelan biaya Rp1,3 miliar.

Exit mobile version