Pemerintah Kabupaten Rembang

Raih Juara III Festival Busana Tradisional Daerah

Kabupaten Rembang berhasil meraih juara III Festival Busana Tradisional Daerah dalam kegiatan Pembukaan Pameran Produk Karya Dekranasda Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015 di Purwokerto, Acara ini digelar selama tiga hari pada 21-23 Agustus 2015 berpusat di GOR Satria Purwokerto.

Penjabat Bupati Rembang Suko Mardiono SH MM didampingi Kabag Perekonomian Setda Rembang Sukandar S.Sos disela kegiatan karnaval Rembang minggu (23/8) menjelaskan kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka hari jadi Provinsi Jateng sehingga dikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

Menurut Pj Bupati dalam festival tersebut Kabupaten Rembang menampilkan busana tradisional daerah dengan tema busana khas Kartini. Setelah melalui kriteria penilaian yakni kekhasan busana, keserasian dan performa Kabupaten Rembang dinyatakan sebagai juara III menyisihkan 35 Kabupaten/Kota lainnya.

Selain menampilkan busana khas Kartini, dalam kegiatan tahunan tersebut Kabupaten Rembang juga membawa berbagai kesenian khas Kabupaten Rembang untuk dipamerkan seperti seni budaya tong tongklek dan batik Lasem.

Tak hanya itu dalam lomba Dekranasda Carnival, yang diikuti oleh dekranasda se jateng, dekranasda kabupaten Rembang menampilkan 5 kostum busana batik carnival lasem.

“Sayangnya kita tidak mendapat juara dalam lomba ini,” tuturnya.

Pj Bupati mengatakan event seperti ini sangat diperlukan untuk lebih mengenalkan Kabupaten Rembang terutama dibidang seni dan budaya.

Kegiatan pesta rakyat tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Rencananya mulai tahun ini dan seterusnya, acara Pesta Rakyat akan digelar bergiliran di kabupaten/kota se-Jateng. Dengan begitu, setiap daerah dapat andil mempromosikan potensi wilayah, seni dan budaya masing-masing.

Exit mobile version