Pemerintah Kabupaten Rembang

Rembang Raih Dua Kategori Di Ajang “Mas Mbak Jateng 2016”

Perwakilan dari kabupaten Rembang,David Anggi Laksono berhasil memboyong dua kategori sekaligus dalam Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Jawa Tengah (Jateng) yang digelar di Pendapa Ageng Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) Solo, Jumat (25/11/2016) malam hingga Sabtu (26/11/2016) dini hari. Dua kategori  tersebut yakni Mas Berkepribadian dan Mas Berpenampilan terbaik. 

Plt. Kepala Dinas Kebudayan Pariwisata Pemuda dan Olahraga kabupaten Rembang,Suyono,SH melalui Kabid Pariwisata Murni Nurfi’ah  saat ditemui RRI diruang kerjanya,Senin (28/11/2016) mengatakan selama masa karantina tanggal 21 sampai 25 November 2016 David dinilai memiliki etika yang baik. Selanjutnya siswa SMAN 2 Rembang itu juga sangat baik dalam berhubungan dengan peserta dari kabupaten lain.

“Dia dinilai tim juri bisa memposisikan diri sebagai duta wisata, bisa bersinergi dan beradaptasi dengan teman-temannya. Unggah -ungguhnya juga bagus, dia memang tidak banyak bicara tapi bukannya malu, hanya lebih menghormati semuanya,”ujarnya.

Untuk kategori Mas Berpenampilan Terbaik, juri menilai David selalu berbusana rapi selama karantina. Dalam keadaan lelahpun ia selalu berpakaian rapi, serasi antara atasan dan bawahan.

Murni juga menuturkan saat di grand final baik David maupun Mbak Rembang Ina Justitia Pratiwi mengenakan busana tradisional jawa kebaya ala RA.Kartini dan ala R.M.A.A Djojoadiningrat. Bawahan yang dipakai batik dengan motif lokcan dengan gambar naga dan burung Hong.

Selain keberhasilan tersebut ada yang menarik saat grand final. Jika peserta dari kabupaten lain peserta perempuan selalu di sebelah kiri, Ina justru berada di sebelah kanan.

“Kenapa posisinya yang perempuan di sebelah kanan? itu sama saat RA.Kartini dengan Djojoadiningrat . Maknanya yakni perempuan tidak hanya sebagai konco wingking ( hanya memasak dan disuruh mengurus pekerjaan rumah saja). Tetapi perempuan harus dihormati dan dihargai,terlebih perempuan adalah seorang ibu yang mendidik anak, perempuan bisa memutuskan sama seperti laki-laki,”jelasnya.

 

Exit mobile version