Pemerintah Kabupaten Rembang

Ribuan Warga Hadiri Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul ke 110 RA Kartini

Ribuan warga tampak antusias menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul ke 110 RA Kartini yang diselenggarakan oleh PT Semen Indonesia di Makam RA Kartini, Mantingan Kecamatan Bulu, Kamis (5/2).

Meskipun acara dimulai hampir tengah malam warga yang memadati tempat peringatan tidak beranjak dari tempatnya sejak pukul 18.30 Wib.

Mereka rela menunggu berjam-jam untuk mendengarkan tausiyah dari salah satu ulama kharismatik di Indonesia yakni Al Habib Muhammad Luthfi Ali Bin Yahya dari Pekalongan. Selama menunggu mereka juga mendengarkan tausiyah dari ulama sepuh asal Sarang Al Mukarom KH Maemun Zubair dan penampilan Hadrah dan Sufi dance.

Dalam tausiyahnya Habib Lutfi mengatakan jika ingin Bangsa Indonesia kembali berjaya seperti era Kerajaan Makapahit beberapa abad silam, perlu kembali diperkuatnya jiwa nasionalisme dan salah satu langkah terpenting yakni menjaga keutuhan bangsa dan negara. Semua warga negara wajib menunjung tinggi 4 pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 45, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI sehingga negara lain segan dan hormat dengan kebesaran nama Indonesia.

Ditambahkan, terkait maraknya peredaran narkoba di negeri ini diyakini oleh Habib Lutfi bila ada pihak luar yang turut bermain dengan tujuan merongrong kekuatan Bangsa Indonesia. karena itu seluruh elemen masyarakat diminta untuk pro aktif memerangi narkoba agar generasi muda Indonesia tumbuh kuat dan cerdas dan mampu membesarkan nama negara.

Sebelumnya, Plt Bupati Rembang Abdul Hafidz pada kesempatan tersebut menyampaikan, saat ini negara dalam kondisi darurat penyalahgunaan narkoba seperti yang diutarakan oleh Presiden Joko Widodo ketika mengumpulkan semua pimpinan daerah di Jakarta belum lama ini. Jumlah pecandu hingga akhir 2014 mencapai 5,6 juta jiwa dan sekira 4 juta diantaranya tergolong sulit direhabilitasi. Sisanya sudah tidak dapat direhabilitasi.

Sambung Abdul Hafidz semua elemen bangsa diajak untuk memerangi narkoba dan peduli terhadap para  pecandu. Perlu diketahui bahwa sekarang ini upaya rehabilitasi takcukup hanya secara struktural saja dengan ujung tombak institusi pendidikan dan kesehatan namun juga perlu pendekatan kultural dengan melibatkan kalangan pondok pesantren bersedia menampung dan ikut merawat agar pecandu narkoba bebas dari ketergantungan terhadap barang haram itu.

Sementara itu Direktur Utama PT Semen Indonesia, Sunardi Prionomurti mengungkapkan acara Maulid Nabi Muhammad SAW di halaman makam RA Kartini, untuk mengingatkan kembali bahwa berdirinya bangsa, berkat perjuangan para pendahulu. Dalam pengajian yang dihadiri 6 ribuan orang itu, pihaknya mengambil topik Maulid Nabi Sebagai Bekal Membangun Rembang.

Sunardi menambahkan PT Semen Indonesia ingin terus berpartisipasi ikut membangun Kab. Rembang. Salah satunya mengucurkan dana sebesar Rp 2,1 miliar untuk bantuan pinjaman modal 107 usaha kecil dan menengah di bidang industri, jasa, perdagangan dan peternakan.

Exit mobile version