Pemerintah Kabupaten Rembang

Rombongan Wisatawan Mulai Banjiri Museum RA Kartini

Menjelang peringatan hari Kartini ke-137 yang jatuh tanggal 21 April mendatang, museum RA Kartini sudah mulai dibanjiri wisatawan dari luar daerah. Hingga pertengahan bulan ini saja sudah ada sedikitnya 300 tiket terjual.

Kasi Museum dan Kepurbakalaan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Kabupaten Rembang, Siti Nuryati, Ba , Kamis (14/4) menyebutkan  wisatawan luar daerah mulai datang sejak awal bulan April. Jumlahnya jauh melonjak jika dibanding hari-hari biasa yang hanya sekira 200 pengunjung.

Tanggal 12 April kemarin, dua rombongan berbeda sama-sama berasal dari Semarang mengunjungi Museum dan makam RA Kartini. Mereka adalah rombongan Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Jawa Tengah dan rombongan kelompok pengajian dari Semarang.

“Tahun 2016 ini kami ditarget 2000 pengunjung. Mudah-mudahan lebih ramai jika dibanding pada tahun 2015 kemarin. Nanti juga banyak kegiatan seperti kirab pataka, ceramah dan agenda lainnya.”ujarnya

Cahayati kusmono, salah satu ketua rombongan wisatawan dari Semarang mengaku, momen hari kartini memang bagus untuk dimanfaatkan guna mengingat kembali sejarah tentang pahlawan emansipasi wanita itu.

“Kita kesini sekarang, takutnya kalau pas hari H tanggal 21 april besok justru pengunjung berjubel malah gak bisa menikmati,” ungkapnya

Dari pantauan beberapa hari ini, pengunjung memang didominasi kaum perempuan utamanya ibu-ibu dan anak sekolah. Momen bulan April yang kental dengan peringatan hari lahirnya pahlawan emansipasi wanita itu memang selalu menyedot banyak pengunjung.

Exit mobile version