Pemerintah Kabupaten Rembang

Sekda Instruksikan PDAM Ekspansi Jaringan Pelanggan

Sekretaris Daerah Kabupaten Rembang H. Hamzah Fatoni menginstruksikan kepada PDAM Kabupaten Rembang untuk meluaskan jaringan pelanggan di beberapa wilayah kabupaten Rembang setelah tahun 2014 ini mendapat kucuran dana segar pernyertaan modal dari Pemerintah Kabupaten Rembang sebesar Rp 2.5 Milliar.    

Sekda menjelaskan dana penyertaan modal tersebut dapat dipergunakan untuk beberapa keperluan seperti membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) di desa Kalipang Kecamatan Sarang, yang diprediksi mampu mencakup 1700 pelanggan baru.    

Kami juga berencana memanfaatkan embung Panohan di Kecamatan Gunem guna memenuhi kebutuhan air baku bagi masyarakat Rembang wilayah Sulang dan Gunem. Usulan kami debit air yang digunakan antara 30 – 40 liter/detik sehingga diperkirakan mampu melayani 2400 pelanggan, desain dan usulan sudah diajukan tinggal tunggu pelaksanaannya saja, ujar Sekda.    

Saat ini lanjut Sekda, PDAM Kabupaten Rembang sebagai perusahaan nirlaba yang 100% saham dimiliki oleh Pemkab Rembang telah melayani lebih dari 18 ribu pelanggan sedangkan daftar tunggu pelanggan PDAM mencapai hampir 3000 usulan pemasangan baru. Dengan penyertaan modal dari Pemkab, Sekda optimis PDAM mampu meningkatkan pelayanan dalam penyediaan air bersih apalagi ditunjang dengan faktor kesehatan finansial di tubuh PDAM.    

Sekda menambahkan agar PDAM fokus dalam pelayanan penyediaan air bersih bagi masyarakat Rembang. Dengan penyertaan modal dari Pemerintah Kabupaten, Sekda menegaskan hutang PDAM Rembang akan selesai ditahun 2014.    

SK Evaluasi Gubernur terhadap APBD Perubahan sudah kita terima yakni nomor 910/115/2014 pada tanggal 11 Agustus 2014 sehingga APBD Perubahan kita sudah ditetapkan menjadi perda tanggal 14 Agustus 2014 kemarin, ujar Sekda.    

Demikian juga dengan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Perubahan sudah ditetapkan tanggal 19 Agustus sehingga penyertaan modal Pemerintah Kabupaten terhadap PDAM sebesar Rp 2,5 milyar sudah bisa dicairkan.    

Sekda berharap ke depan PDAM Rembang mampu menjadi garda terdepan dalam pemenuhan kebutuhan air baku untuk air minum baik kuantitas maupun kualitas, yang terus meningkat sejalan dengan meningkatnya kebutuhan air minum di Kabupaten Rembang. (Bagian Humas Setda Rembang)  

Exit mobile version