Pemerintah Kabupaten Rembang

Sekretariat Ratubangnegoro Pindah Bojonegoro

Setelah dua tahun sekretariat bersama Badan Kerjasama Antar Daerah (BKAD) Blora, Tuban, Rembang, Bojonegoro (Ratubangnegoro) berada di kabupaten Rembang, tahun berpindah ke Bojonegoro sampai 2017. Serah terima sekretariat dilakukan di hotel Fave, Kamis (12/1/2017) dari Sekda Rembang Drs.Subakti yang diwakili Plt.Asisten Pemerintah Sekda, Noor Effendi kepada Sekda Bojonegoro, Suhadi Moeljono.

Noor Effendi saat memberikan sambutan mengatakan sebagaimana diamanatkan dalam pasal 363 Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah bahwa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat, daerah bisa mengadakan kerjasama dengan daerah lain atau pihak ketiga yang didasarkan pertimbangan efisiensi dan efektifitas pelayanan serta saling menguntungkan. Selain itu kerjasama antar daerah bisa memantapkan hubungandan meminimalisir kesenjangan daerah yang satu dengan yang lainnya.

Dalam hal ini keempat kabupaten sepakat untuk bekerjasama dalam bidang kesehatan, pertambangan dan energi, kehutanan dan perkebunan, industri dan perdagangan, penanaman modal dan ketenaga kerjaan. Selanjutnya kerjasama pendidikan dan kebudayaan, sosial dan penataan ruang,pekerjaan umum, perhubungan,lingkungan hidup,pariwisata dan bidang lainnya. 

Dan kerjasama yang sudah dilaksanakan diantaranya pks pengembangan penanaman modal tahun 2010, tahun 2012 seperti PKS pengembangan pendidikan dan kebudayaan, pks pengembangan sosial dan ketenagakerjaan, pks pengembangan pariwisata,pks improvisasi pembangunan,pemeliharaan pekerjaan umum jalan dan jembatan. kerja sama tahun 2013 diantaranya kerjasama dalam penegakan perda dan gangguan ketertiban umum serta ketentraman masyarakat, layanan kesehatan, dan tahun 2014 kerja sama layanan inseminasi buatan, layanan lalu lintas hewan dan produk hewan,layanan kesehatan hewan, penanganan bencana, sinkronisasi penataan ruang dan pemeriksaan kendaraan bermotor.

“Kegiatan yang dilaksanakan seperti partisipasi pameran yang diselenggarakan di daerahnya masing masing,rakor evaluasi kerjasama dan kegiatan bersama dalam bentuk lainnya. Semuanya itu diharapkan semakin terjalin komunikasi dan sinkronisasi antar stakeholder terkait dalam pelaksanaan kerjasama Ratubangnegoro dalam mengatasi keterbatasan daerah dan menghadapi kendala dalam pelayanan publik dan pembangunan didaerah.”

Sekda Bojonegoro, Suhadi Moeljono meminta dukungan dan arahan agar kesekretariatan di Bojonegoro mampu membawa Ratubangnegoro menjadi lebih baik lagi. “Kami akan berusaha lebih membuka diri lagi untuk menjalin kerjasama, terutama dengan Rembang meskipun tidak berbatasan langsung.”

Kesekretariatan Ratubangnegoro terus bergantian setiap dua tahunnya. Sekretariat di kabupaten blora periode 2011-2012 ,Tuban 2013-2014,Rembang 2015-2016 dan Bojonegoro 2017-2018.

 

 

Exit mobile version