Pemerintah Kabupaten Rembang

Siaga Bencana Pj Bupati Rembang Cek Lokasi Rawan Bencana

Datangnya musim hujan perlu diwaspadai oleh masyarakat Rembang terutama daerah yang masuk kategori rawan bencana.

            Pj Bupati Rembang Suko Mardiono SH MM bersama beberapa dinas terkait rabu siang (16/12) melakukan pengecekan ke sejumlah lokasi rawan bencana di Kecamatan Sulang seperti Jembatan Sulang, desa Korowelang dan Embung Pomahan.

            Terkait dengan kondisi jembatan sulang pihaknya mengaku sudah berkoordinasi kepada Bina Marga Provinsi Jawa Tengah Wilayah Pati dan sudah ada langkah-langkah teknis untuk mengatasinya.

            Sedangkan kondisi sekitar bantaran sungai Desa Korowelang, Pj Bupati meminta agar tidak membuat bangunan disekitar wilayah bantaran sungai karena sangat riskan terhadap bahaya.

            Pj Bupati juga mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas PSDA Provinsi Jawa Tengah untuk mengecek embung Pomahan karena berdasarkan laporan sedimentasi di Embung tersebut sudah tinggi.

            Sementara itu Kepala BPBD Rembang Suharso mengatakan dimusim penghujan ini ada beberapa hal yang perlu dicermati oleh masyarakat rawan bencana terutama banjir dan tanah longsor seperti daerah yang sekitarnya sering terjadi banjr untuk mewaspadai. Kemudian aliran air di daerah perbukitan tidak boleh tersendat karena dapat menyebabkan banjir bandang dan tanah longsor.

 

            Dan yang terakhir Kepala BPBD Rembang itu meminta agar daerah yang menjadi langganan banjir berupaya agar air tidak berhenti atau tergenang tapi bisa langsung mengalir ke sungai atau laut.

Exit mobile version