Pemerintah Kabupaten Rembang

Siskamling Penting Untuk Tangkal Tindak Kriminal

Bupati Rembang H.Abdul Hafidz mendukung upaya dari Polres Rembang untuk menggiatkan siskampling. Apalagi sebagian besar Poskamling di Kab. Rembang tidak aktif.

Hal itu disampaikannya saat apel siskampling di halaman Mapolres Rembang, Selasa (23/8). Menurutnya dengan banyaknya poskampling yang tidak aktif bisa mengakibatkan kerawanan tindak kejahatan.

“Saya sangat setuju. Tapi tidak perlu ada surat edaran khusus dari Pemkab kepada aparat desa. Kebanyakan surat edaran, malah akan membuat bosan. Yang terpenting warga mau turun bersama-sama, mengaktifkan kembali Poskamling,”ujarnya.

Dari jumlah Poskamling sebanyak 1.396 lokasi, yang aktif hanya 450 titik. Sedangkan 946 lainnya dibiarkan mangkrak.

Kapolres Rembang, AKBP Sugiarto menjelaskan untuk menghidupkan kembali Poskamling, butuh peran serta aktif dari masyarakat. Apalagi jumlah polisi terbatas, sehingga perlu dukungan.

“Anggota kami akan berupaya turun ke desa-desa, memberikan pemahaman. Lagipula kalau suasana kondusif, masyarakat pula yang merasakan dampak positifnya.”

Dalam apel tersebut Bupati bertindak sebagai pembina apel dan menyerahkan kartu nama kepada Babinkamtibmas, sedangkan Kapolres menyerahkan bahan kotak kepada Ka poskampling. Hadir dalam apel tersebut, anggota Linmas, Dishubkominfo, Senkom serta anggota Kaposkamling.

Exit mobile version