Pemerintah Kabupaten Rembang

Sosialisasikan Lagu Rembang Madani, Hari Ibu Lomba Paduan Suara

Ratusan ibu-ibu yang tergabung dalam masing-masing grup paduan suara berlomba menyanyikan lagu mars Rembang Madani di pendopo Museum RA. Kartini Rembang, Rabu (21/12/2016). Lomba tersebut digelar dalam rangka menyambut peringatan Hari Ibu ke 88 yang jatuh tanggal 22 Desember2016 besok.

Penasehat Panitia Hari Ibu ke 88 tingkat kabupaten Rembang, Vivit Dinarini, S.Farm, Apt saat membuka kegiatan lomba paduan suara tersebut mengapresiasi para peserta yang telah giat berlatih dan menghafalkan lirik lagu Rembang Madani. Pasalnya lagu ini termasuk baru karena hasil dari lomba yang sengaja diadakan oleh Pemkab Rembang kerja sama TP PKK Rembang dan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga tanggal 27 September kemarin.

“Lomba ini merupakan upaya kami untuk mensosialisasikan lagu mars Rembang Madani. Sekaligus membangkitkan semangat tekat membara berjuang demi Rembang tercinta sesuai lirik di dalam lagu tersebut.”

Vivit juga menambahkan selain lagu Rembang Madani sebagai lagu wajib yang harus dinyanyikan setiap peserta, juga ada satu lagu daerah yang juga ditampilkan. Tujuannya untuk melestarikan dan mengembangkan lagu-lagu daerah yanga ada.

Sementara itu salah satu peserta dari grup paduan suara Dharma Wanita Gabungan dari Setda dan DPPKAD Rembang, Desi Ambarwati mengaku sangat apresiasif. Karena mereka bisa menghafal lirik dan akhirnya mengerti lirik yang ada di dalam lagu tersebut.

“Kita jadi mengerti dan menghafal lirik yang ada di dalam lagu mars Rembang madani, jadi harus sering diadakan lomba. Selain itu juga menyanyikan lagu Padang Bulan yang sudah ada sejak saya masih kecil,”tandasnya.

Para peserta selain wajib membawakan lagu Mars Rembang Madani juga harus menyanyikan lagu daerah pilihan seperti Rujak Uleg, Prau Layar, Suwe Ora Jamu, lagu Padang Bulan dan Gambang Suling. Kriteria penilaian meliputi teknik vokal, harmonisasi dan penampilan serta ekspresi.

Sedangkan lomba sendiri dibagi dalam dua kategori yakni kategori orgnisasi wanita berjumlah enam grup dan kategori SKPD berjumlah 11 grup. Dewan juri diantaranya Ratna Pandansari sebagai pencipta lagu Rembang Madani, Yuli Winarni dan Bagus Endi Kurniawan.
 

Exit mobile version