Pemerintah Kabupaten Rembang

Tingkatkan Kesejahteraan Karyawan PDAM Melalui Efisiensi

Setelah dilantik, Direktur Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Rembang, Muhammad Affan, berjanji akan menaikkan gaji untuk 120 an orang pegawainya.

Hal itu diungkapkan ketika serah terima jabatan, dari pejabat sementara Direktur PDAM, Agus Siswanto kepada Direktur PDAM yang baru, Muhammad Affan, di kantor PDAM Rembang, Jum’at pagi (10 Juni 2016).

Affan mengaku saat berkunjung ke 4 Unit Kantor PDAM, pegawai sering mengeluh sudah lama tidak naik gajinya. Meski enggan menyebutkan berapa prosentase kenaikan gaji, tapi yang jelas wacana tersebut sangat memungkinkan, mulai tahun 2017 mendatang. Affan memastikan wacana kenaikan gaji tidak akan membebani perusahaan, apalagi sampai menaikkan tarif air PDAM. Bukan seperti itu, lantaran semangatnya mengubah yang tidak efisien menjadi lebih berdaya.

Dirinya mempunyai beberapa cara, guna mewujudkan peningkatan kesejahteraan pegawai. Diantaranya melakukan efisiensi yaitu dengan melakukan penyesuaian dan perhitungan matang bahan kimia saat pengolahan air selain itu penggunaan bahan kimia harus didahului test karakter air, kemudian mengumpulkan wadah (timba) bekas kaporit. Jumlahnya sangat banyak, namun selama ini tidak jelas kemana larinya. Kelak akan digalang melalui perusahaan dan bisa dijual kembali, uangnya kemudian masuk sebagai pendapatan PDAM. Strategi lainnya dengan mengoptimalkan 8 armada truk tangki, yang kerap kali tidak berfungsi. Truk tangki tersebut mesti dikerahkan menjual air, masuk ke hotel dan pabrik – pabrik besar. Menurutnya, peluang untuk memasarkan air masih terbuka lebar.

Affan juga berencana menghidupkan kembali kantor unit di kecamatan kaliori, Sarang dan Pamotan. Hal itu dimaksudkan agar konsumen yang mau membayar tagihan tidak kesulitan dan dapat langsung komplain jika ada permasalahan.

Terkait tenaga outsourching yang sudah mendapat pelatihan dari perusahaan apabila dimungkinkan diproses alih status pegawai agar ilmu yang dimiliki tidak digunakan perusahaan lain.

Seorang pegawai PDAM Rembang, Sanuri membenarkan sudah 5 tahun lebih, gaji karyawan tidak naik, lantaran kurang dipikirkan oleh pimpinan terdahulu. Kalaupun ada penambahan, sifatnya berupa tunjangan. Rencana Direktur baru yang ingin menaikkan gaji, langsung membuat lega. Soal diimbangi perbaikan kinerja, menurut Sanuri program – program dari pimpinan, selayaknya mendapatkan dukungan.

 

Ketua Dewan Pengawas PDAM Rembang, Abdullah Zawawi dalam sambutannya mengaku agak kaget. Baru beberapa hari menduduki Direktur PDAM, Affan sudah berani menjanjikan kenaikan gaji. Tapi menurutnya sebuah gagasan bagus, demi mendongkrak semangat kerja jajaran PDAM

Exit mobile version