Pemerintah Kabupaten Rembang

TPI Pandangan Dibangun

Pemerintah Kabupaten Rembang merencanakan pembangunan TPI Pandangan Kecamatan Kragan dalam tahun 2015 ini. Hal tersebut diutarakan oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rembang Ir Suparman saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Anggota Tahunan ke 37 KUD Mina Rahayu Kragan di Gedung serba guna KUD Mina Rahayu Kragan, rabu (18/3).
Selain merencanakan pembangunan TPI Pandangan, tahun 2015 ini Pemkab Rembang juga sudah menganggarkan untuk pembangunan jetty di TPI Karanganyar Kragan, oleh sebab itu Suparman meminta dukungan kepada masyarakat setempat agar pembangunan TPI Karanganyar bisa berjalan.
Terkait dengan kartu nelayan, tahun ini Kabupaten Rembang memperoleh jatanh 4 ribu kartu nelayan, suparman meminta kepada nelayan yang belum memiliki kartu nelayan agar segera mengurus pembuatan kartu nelayan.
Menurutnya Kartu nelayan sangat berguna untuk nelayan terutama nelayan miskin guna pembelian BBM bersubsidi, listrik murah dan lain sebagainya.
Suparman juga mempersilahkan kepada swasta untuk menanamkan investasinya dibidang penyedian bahan bakar untuk nelayan seperti SPBN (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan) atau Solar Packed Dealer Nelayan (SPDN).
“Saat ini di karanganyar baru satu SPBN saya rasa tambah dua lagi pasti habis,” ujar Suparman.
Terkait dengan peraturan menteri kelautan yang baru tentang pelarangan alat tangkap, Suparman meminta nelayan untuk menyikapinya dengan kepala dingin selain itu ia meminta kepada nelayan untuk tetap menjaga kekompakan.
Sebelumnya Ketua KUD Mina Rahayu Kragan, Muslim mengatakan saat ini pembangunan TPI Pandangan dilakukan oleh nelayan dengan cara swadaya dan sudah terkumpul dana sebesar Rp 300 juta dari patungan nelayan untuk reklamasi dan pembangunan border.
Terkait dengan jumlah nelayan yang sudah dilayani oleh KUD Mina rahayu mencapai 7700 lebih terdiri dari anggota 2500 lebih dan cadangan 5 ribu lebih anggota.
Jumlah total kapal yang dimiliki oleh anggota KUD Mina rahayu mencapai 1881 unit terdiri dari 451 mini pursen dan 1430 kapal kecil atau kurang dari 10 GT.
Wakil ketua DPRD Rembang yang juga merupakan wakil masyarakat Kecamatan Kragan Ridwan SH MH mendukung pembangunan TPI Pandangan ia mengatakan biaya pembangunan TPI Pandangan diprediksi mencapai miliaran rupiah, sangat berat jika nelayan harus patungan untuk melanjutkan pembangunan karena selain harus menghidupi keluarganya, mereka juga harus membayar pajak kepada pemerintah. Oleh sebab itu pihaknya sudah melakukan pembicaraan dengan dinas terkait untuk pembangunan TPI Pandangan.
Ia juga berharap lelang pembangunan TPI Karanganyar tidak gagal lagi sehingga pembagunan TPI Karanganyar dapat segera terwujud.
Acara RAT dibuka oleh Asisten bidang Ekbang dan Kesra Setda Rembang Abdullah Zawawi S.Sos mewakili Plt Bupati Rembang H Abdul Hafidz. Dalam sambutan tertulisnya Plt Bupati mengatakan tingkat kesejahteraan nelayan sangat dipengaruhi oleh cuaca. Apalagi saat ini adanya larangan penangkapan ikan menggunakan cantrang, tentunya hasil yang diperoleh juga menurun bahkan ada yang libur tidak mencari ikan.
Untuk itu Plt Bupati berharap adanya peningkatan dan tambahan keterampilan untuk nelayan. Sehingga nelayan masih bisa mencari nafkah untuk keluarganya meskipun sedang tidak mencari ikan.

Exit mobile version