Pemerintah Kabupaten Rembang

Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme Siswa, Gelar Lomba PBB dan Upacara

Puluhan siswa tingkat Sekolah dasar (SD) di Kecamatan Kragan, mengikutilomba Tata Upacara Sekolah (TUS) serta Peraturan Baris Berbaris (PBB), Kamis (22/1/2015). Lomba sengaja digelar untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme serta kedisiplinan siswa sejak dini.

Lomba ini digagas oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Kragan. Lomba kali ini merupakan yang kedua kali, setelah pada tahun lalu kegiatan seupa juga digelar.

Ketua Panitia Pelaksana, Marno menyebutkan sebanyak 33 regu dari semua SD yang ada di Kragan mengikuti perlombaan. Mereka terdiri dari siswa kelas V dan VI.

“Lomba seperti ini adalah bagian dari usaha untuk lebih meningkatkan jiwa nasionalisme dan rasa disiplin siswa. Dengan belajar berbaris dan upacara yang benar, maka siswa juga akan tahu bagaimana cara hidup disiplin,” jelas dia.

Marno menjelaskan, setiap peserta lomba wajib memperagakan beberapa gerakan secara benar dalam baris-berbaris. Gerakan yang diujikan oleh dewan juri antara lain adalah gerakan dari berhenti menuju berjalan, berjalan menuju berjalan, serta berjalan menuju berhenti. Menurutnya selama ini, tidak sedikit dari siswa yang belum memahami aturan itu.

Sedangkan untuk lomba Tata Upacara Sekolah, setiap regu peserta diharuskan bisa melakukan berbagai peragaan upacara yang benar dan baik.

“Mereka harus mengikuti upacara harus dilakukan secara khidmat dan benar. Ini yang harus ditanamkan sejak dini kepada siswa,” tandas dia.

Dalam perlombaan itu, SDN 1 Kebloran berhasil menjadi yang terbaik di lomba PBB, diikuti oleh SDN 1 Woro serta SDN Tanjungan. Sedangkan jawara lomba TUS adalah SDN 1 Woro, juara dua SDN 1 Kragan serta terbaik ketiga SDN Plawangan.(Bagian Humas Setda Rembang)

Exit mobile version