Pemerintah Kabupaten Rembang

Tunggu Proses Hukum, Jaga Iklim Sejuk

Pemerintah Kabupaten Rembang menghargai serta memberikan apresiasinya kepada kedua belah pihak baik yang pro maupun yang kontra terhadap pendirian pabrik semen di Kabupaten Rembang.
Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Rembang H. Hamzah Fatoni SH MKn usai menerima massa pro pendirian pabrik semen dihalaman kantor Bupati Rembang, kamis (25/9).
Sekda berharap kepada kedua belah pihak untuk bisa menjaga iklim sejuk baik diwilayah tapak pabrik ataupun di Kabupaten Rembang pada umumnya sehingga hal tersebut jangan sampai dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab yang berpotensi mengadu domba menyebabkan perpecahan dimasyarakat.
Selanjutnya Sekda menghimbau kepada kedua belah pihak untuk menunggu proses hukum yang sedang berjalan dan menghargai apa yang nanti diputuskan karena hal tersebut akan menjadi landasan kebijakan masalah semen di Kabupaten Rembang.
Terhadap warga masyarakat yang masih mendirikan tenda disekitar tapak pabrik semen untuk bisa kembali ke rumah karena kemungkinan sudah ditunggu keluarganya sambil menunggu proses hukum yang sedang berjalan, lanjut Sekda
Sedangkan kondisi di tapak pabrik semen berdasarkan laporan dari Polres dan Kodim terpantau aman.
Saat ini proses gugatan yang diajukan pihak yang kontra sudah masuk dalam tahap pemeriksaan pendahuluan, meskipun tidak terlibat Pemerintah Kabupaten Rembang tetap memantau proses hukum tersebut karena hal itu akan menjadi landasan kebijakan lebih lanjut.
Sekda menambahkan Pemkab Rembang memberikan peluang terhadap investor untuk masuk ke Kabupaten Rembang karena satu-satunya cara untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat adalah dengan investasi tapi investasi yang dilakukan dengan cara-cara yang benar.
“Ada beberapa syarat     untuk jaminan investasi  adalah kepastian hukum, kondisi sosial, ketersediaan secara kompetitif baik sumber daya alam maupun manusia, jika keempat syarat tersebut terpenuhi investor tidak akan ragu-ragu,” terang Sekda.
Sebelumnya selasa kemarin (23/9) sekitar 20 orang yang kontra terhadap pembangunan pabrik semen melakukan aksi diam di regol kantor bupati rembang dan kamis ini (25/9) dikabarkan sebanyak 250 orang massa pro pendirian pabrik semen melakukan aksi di Semarang dan sekitar 40 orang melakukan aksi mendukung pendirian pabrik semen di regol kantor Bupati Rembang.

Exit mobile version