Pemerintah Kabupaten Rembang

Wanita Harus Meneladani dan Meneruskan Perjuangan Kartini Untuk Bangsa

Sebagai generasi penerus bangsa harus meneladani semangat perjuangan dan mempelajari ide-ide brilian RA. Kartini untuk diterapkan di era kekinian. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Bayu Andriyanto, SE saat puncak peringatan Hari Kartini ke 137 di pendopo Museum RA Kartini, Kamis (21/4).

Diharapkan semua wanita mampu menjadi motivator dalam keluarganya dan masyarakat. Karena dengan wanita kreatif dan inovatif akan mampu mendorong semangat kerja bagi keluarga masyarakat,  bangsa dan negaranya.

“Perempuan bisa menjadi pemberdaya di masyarakat dan mensuport kegiatan yang ada. Sehingga nantinya para perempuan juga bisa memiliki peran penting dalam pembangunan pemerintahan, maupun kemajuan ekonomi.”imbuhnya

Sementara itu, Hj. Hasiroh Hafidz,selaku Ketua Dewan Penasehat Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Rembang yang juga istri Bupati Rembang, H.Abdul Hafidz, ibu-ibu yang ada di kabupaten Rembang bisa menggelorakan kembali semangat RA. Kartini. Ibu sebenarnya memiliki peran sebagai pendidik untuk anaknya sendiri dalam keluarga.

“Kita harus bisa mendidik anak menjadi generasi yang mandiri dan maju. Kita harus tangguh dan punya motivasi untuk mendorong anak-anak agar giat belajar.”ujarnya

Ia juga prihatin karena pernah melihat anak-anak tidak hafal lagu-lagu perjuangan. Sehingga itu menjadi PR bagi ibu-ibu untuk mengingat dan perjuangan RA Kartini agar juga membimbing anak-anak menjadi generasi yang memiliki rasa nasionalisme.

Sedangkan, Istri Wakil Bupati Rembang, Vivit Bayu Andriyanto mengajak wanita agar peduli dengan kesehatan. Meninggalnya RA Kartini saat melahirkan setidaknya harus menjadi perhatian bagi wanita dimasa kehamilan.

“Kita di PKK tidak hanya memberdayakan perempuan dibidang UMKM, tetapi juga memberikan pengetahuan kepada ibu ibu agar memperhatikan kesehatan dan asupan gizi selama kehamilan, menghindari pernikahan dini, dan memberikan pemahaman kepada ibu-ibu untuk memberikan asupan gizi bagi bayi dan balita.”tandasnya

Dalam acara resepsi Hari Kartini tersebut juga ada penyerahan piala kepada para pemenang lomba-lomba dalam rangka peringatan hari Kartini ke 137. Piala dserahkan secara bergantian oleh Forum Koordinasi Pimpinan daerah (Forkopimda)Kabupaten Rembang dan Hj Hasiroh Hafidz serta Vivit Bayu Anriyanto.

Exit mobile version