Pemerintah Kabupaten Rembang

Warga Sulang Mendapat Bantuan 20 Tangki Air Bersih dari Alfamart

Ratusan warga di 20 RT desa Sulang Kecamatan Sulang Kabupaten Rembang mendapat bantuan 20 tangki air bersih dari Alfamart, Selasa (11/11/2014). Bantuan diberikan secara resmi oleh pihak Alfamart kepada Kepala Desa Sulang, Muh Burhanudin di halaman Balai Desa Sulang.

Deputi Brand Manager Alfamart Rembang, Putut Desy Susilo mengatakan bahwa bantuan air bersih tersebut merupakan program Alfamart Care dari PT. Sumber Alfaria Trijaya selaku pengelola Alfamart. Bantuan tersebut diberikan kepada daerah-daerah yang memang sedang mengalami kekeringan.

Putut menambahkan untuk saat ini bantuan diberikan kepada warga yang ada di desa Sulang. Karena dari sejumlah daerah di Kabupaten Rembang yang sedang mengalami kesulitan, desa Sulang dinilai yang paling membutuhkan.

Bantuan kali ini menurut keterangan Deputi Brand Manager ini dikhususkan untuk kebutuhan rumah tangga warga. Bukan untuk kebutuhan pertanian, tetapi yang lebih urgent terlebih dahulu.

“Bantuan dari kami sifatnya situasional. Jika daerahnya mengalami kekeringan seperti ini bantuannya berupa air bersih. Begitu juga jika terjadi banjir, tanah longsor kami siap membantu,” ujarnya   

Ia berharap bantuan tersebut bisa meringankan beban masyarakat khususnya warga yang ada di desa Sulang.

Sementara itu Kepala Desa Sulang, Muh Burhanudin dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih atas bantuan  yang diberikan oleh pihak swasta seperti Alfamart. Bantuan tersebut akan dibagikan ke warga di 20 RT dari 29 RT yang ada.

“Hujan yang beberapa hari ini mengguyur Rembang tidak serta merta langsung mengatasi kekeringan. Pasalnya hujan beberapa hari ini hanya membasahi permukaan tanah. Belum berpengaruh di sumber-sumber air,” ungkapnya.

Burhan memperkirakan sampai akhir November warga masih kesulitan dalam mendapatkan air bersih jika intensitas hujan masih rendah. Namun jika hujan sudah dalam intensitas tinggi maka kekeringan bisa cepat teratasi.

Sebelumnya Pemkab melalui Kasi Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang, Ayub Ma’ruf mengharap pihak swasta untuk ikut peduli dalam mengatasi dampak kekeringan di kabupaten Rembang.

Melalui CSR atau program sosial bisa memberikan bantuan air bersih kepada desa yang mengalami kekeringan.

Exit mobile version