Berita
Perumda Banyumili Perkuat Komitmen Layanan 24 Jam
- 31 Januari 2025
- Posted by: rendy
- Category: Berita Pemerintah

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Banyumili Kabupaten Rembang memperkuat komitmen kinerja manajemen dan pegawainya guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat selama 24 jam. Hal ini ditandai dengan penandatanganan kontrak kinerja dan pakta integritas yang dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Perumda Air Minum Banyumili ke-45 di salah satu hotel di Jalan Pantura, Jumat (31/1).
Direktur Perumda Air Minum Banyumili Kabupaten Rembang, Muhammad Affan, menyatakan bahwa pegawai Perumda Banyumili tidak lagi boleh menggunakan standar layanan pelanggan yang berlaku pada masa lalu. Ketika itu, air tidak mengalir di suatu wilayah selama waktu tertentu dianggap sebagai hal yang wajar.
“Saat ini, kami telah menyediakan layanan keluhan pelanggan selama 24 jam. Oleh karena itu, jika ada keluhan pelanggan, pegawai harus segera menanganinya,” ujarnya.
Ia mencontohkan situasi di masa lalu, di mana masyarakat di kawasan Jalan Pemuda atau Perumahan Puri Mondoteko terbiasa menghadapi kondisi air yang mengalir secara bergilir, satu hari mengalir dan satu hari mati. “Sekarang, jika air tidak mengalir selama lima jam, pelanggan sudah bisa melapor karena Perumda Banyumili siap melayani 24 jam,” imbuhnya.
Untuk mendukung kelancaran layanan ini, seluruh manajemen dan pegawai Perumda Banyumili menandatangani kontrak kinerja dan pakta integritas sebagai bentuk komitmen. Langkah ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja pegawai dalam melayani pelanggan kapan saja.
“Untuk menumbuhkan kesadaran baru, kami menyusun rencana aksi yang bersifat bottom-up. Setelah rencana aksi selesai, dibuatlah kontrak kinerja sebagai perjanjian antara pegawai dan saya selaku Direktur. Sedangkan pakta integritas adalah perjanjian terkait integritas pegawai, yang bersifat personal,” jelasnya.
Sementara itu, Bupati Rembang Abdul Hafidz mengapresiasi langkah Perumda Banyumili dalam meningkatkan komitmen pelayanan kepada pelanggan. Menurutnya, pakta integritas merupakan langkah penting untuk memajukan Perumda Banyumili ke depan.
“Pakta integritas adalah sebuah keharusan bagi organisasi, baik organisasi sosial maupun bisnis. Saya sangat berterima kasih atas upaya yang dilakukan oleh Perumda Banyumili,” katanya.
Bupati Hafidz juga berharap melalui pakta integritas ini, Perumda Banyumili dapat mengurangi kebocoran air. Ia menargetkan pada tahun ini kebocoran air bisa ditekan maksimal hingga 25%.
“Standar kebocoran maksimal adalah 25%. Jika saat ini kebocoran mencapai 29%, tahun ini harus turun 4%. Dengan pakta integritas, target ini harus tercapai agar memenuhi standar kehilangan air maksimal,” tegasnya. (re/rd/kominfo)